5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Endorse Produk ke Selebgram

Jumat, 22 Desember 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Selebgram (Kompas.com)

LINK UMKM -  Salah satu strategi promosi bisnis yang populer adalah endorsement, suatu metode promosi yang dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk atau layanan mereka. Umumnya, kegiatan ini melibatkan partisipasi artis, influencer, selebgram, atau tokoh publik. Saat ini, banyak selebgram yang menawarkan layanan endorsement kepada pemilik bisnis. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan, menjangkau lebih banyak target pasar. Sebelum memilih selebgram untuk endorsement, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, seperti yang dilansir dari Kompas.com.

  1. Cek profil dan engagement rate selebgram

Dari profil selebgram, Anda dapat menilai jumlah followers, jumlah postingan, serta interaksi dengan followers melalui like dan komentar. Perhatikan apakah kontennya mendapat perhatian yang tinggi dan apakah ia aktif berinteraksi dengan pengikut.

  1. Pilih Selebgram yang Sesuai

Penting untuk memilih selebgram yang sesuai dengan jenis bisnis yang Anda miliki. Sebagai contoh, jika Anda ingin mempromosikan produk makanan, pilihlah selebgram yang sering melakukan review makanan dalam akun Instagramnya.

  1. Perhatikan reputasi selebgram

Telusuri informasi terkait reputasi selebgram tersebut. Pastikan bahwa ia memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat dan tidak pernah terlibat dalam skandal.

  1. Lihat testimoni endorsenya

Anda dapat melihat testimoni dari endorsement yang telah dilakukan oleh selebgram sebelumnya. Hal ini dapat menjadi pertimbangan dengan melihat hasil yang diperoleh oleh penerima layanan endorsement, seperti peningkatan jumlah followers di media sosial bisnis, peningkatan penjualan, dan faktor lainnya.

  1. Bandingkan dengan selebgram lain

Persiapkan beberapa nama selebgram yang ingin Anda gunakan jasanya, lalu bandingkan satu dengan yang lainnya. Lakukan perbandingan dengan melihat jumlah followers, like, komentar, testimoni endorsement, dan tingkat keaktifan dari masing-masing selebgram.

  1. Sesuaikan dengan budget

Selalu pertimbangkan budget yang Anda miliki ketika memilih selebgram. Pastikan agar selebgram yang Anda pilih sesuai dengan budget yang telah Anda siapkan.

***

LMP/NAH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x