Strategi Promosi Efektif untuk Bisnis dengan Flash Sale
Kamis, 7 Desember 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Flash sale adalah strategi pemasaran yang menawarkan produk dengan potongan harga tertentu. Strategi ini sering digunakan oleh perusahaan yang menjual produknya di lokapasar atau marketplace.
Flash sale biasanya berlangsung dalam periode waktu yang singkat, misalnya tiga kali dalam sehari atau bahkan dua jam sekali. Produk yang dijual dalam flash sale juga biasanya memiliki stok yang terbatas.
Diskon flash sale biasanya lebih tinggi dari diskon promosi biasa. Hal ini membuat konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut dengan segera, atau yang disebut dengan impulsive buying.
Bagi perusahaan, flash sale efektif untuk menurunkan persediaan yang berlebih dengan cepat dan meningkatkan penjualan. Strategi ini juga dapat membantu perusahaan untuk menjual produk yang sudah tidak musim atau sudah lama ada di katalog.
Berikut adalah keuntungan potensial dari flash sale bagi suatu perusahaan, merujuk pada artikel Kumparan.com:
1. Menjual Persediaan Berlebih
Flash sale dapat menciptakan permintaan baru untuk produk, sehingga mengurangi persediaan yang ada. Flash sale juga dapat menarik pelanggan baru yang sebelumnya tidak tertarik membeli produk tersebut karena harganya yang mahal.
Flash sale juga dapat membantu perusahaan untuk menjual produk lama dan menambahkan produk baru. Hal ini dapat membantu mengurangi biaya operasional dan persediaan.
2. Meningkatkan Brand Awareness
Flash sale dapat meningkatkan brand awareness perusahaan karena dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Hal ini dapat meningkatkan reputasi perusahaan dan membuat konsumen lebih mengenal produk yang ditawarkan.
3. Meningkatkan Keuntungan
Flash sale dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan keuntungan secara cepat. Flash sale sering kali menggunakan teknik psikologis untuk mendorong konsumen untuk membeli, seperti menciptakan rasa terdesak dan rasa takut kehilangan.
Impulsive buying, atau keinginan untuk mendapatkan &039;penawaran bagus&039;, dapat memotivasi konsumen untuk membeli produk atau membelanjakan lebih banyak uang daripada biasanya.
4. Menarik Pelanggan Baru
Flash sale dapat menarik perhatian konsumen baru yang belum pernah membeli produk dari perusahaan. Mereka mungkin menyukai produk dan penawaran yang ditawarkan. Hal ini dapat meningkatkan brand awareness dan peluang untuk mendapatkan pelanggan baru.
***
LMP/NAH