4 Langkah Memulai Bisnis Bibit Buah yang Cocok untuk Pemula

Sabtu, 2 Desember 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Bibit Tanaman (Kompas.com)

LINK UMKM -  Sejak adanya pandemi COVID-19, semakin banyak orang yang gemar berkebun, termasuk menanam buah dan sayur. Salah satu penyebabnya adalah meningkatnya kesadaran akan pentingnya mengonsumsi makanan organik yang sehat. Dilansir dari Kompas.com – Bisnis bibit pohon buah-buahan berpotensi menjadi bisnis yang menjanjikan. Pasalnya, dengan semakin besarnya minat masyarakat terhadap pertanian  dan kesehatan perkotaan, maka permintaan terhadap benih buah yang berkualitas pun semakin meningkat.

Selain tingginya kebutuhan bibit tanaman pada musim tanam, usaha ini  tidak memerlukan modal  besar dan dapat dijalankan di lahan yang terbatas. Dalam menjalankan bisnis bibit pohon buah-buahan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama jenis bibitnya. Bagi  yang berminat memulai bisnis bibit pohon buah-buahan, simak beberapa hal berikut ini:

1. Identifikasi keuntungan pasar.

Kita melihat peluang di pasar bibit pohon buah-buahan dan jenis pohon buah-buahan apa saja yang paling banyak diminati masyarakat. Jenis buah-buahan yang diminati masyarakat sewaktu-waktu berubah dan disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing individu. Hal ini juga berlaku untuk real estate yang mereka miliki. Jika calon klien Anda hanya memiliki satu bidang lahan untuk ditanami, Anda bisa menyarankan jenis pohon yang bisa tumbuh besar dan lebat. Namun, jika akar tanamnya sempit, disarankan untuk memilih pohon buah-buahan dengan dedaunan yang kurang lebat. Bagi para pebisnis, penting untuk memperhatikan kebutuhan pohon buah-buahan di pasar untuk mengetahui pengelolaan persediaan dan strategi pemasaran yang efektif.

2. Pemilihan jenis benih.

Tentukan jenis pohon buah-buahan yang ingin Anda beli atau jual. Pilihlah tanaman yang sesuai dengan iklim Anda dan kebutuhan orang-orang di sekitar Anda. Jenis bibit tanaman yang Anda jual sebaiknya juga dikategorikan berdasarkan media tanamnya. Apakah Anda menjual bibit pohon buah-buahan yang ditanam di dalam pot, di dalam tanah, atau berakar gundul. Setelah Anda memahami jenis bibit pohon buah-buahan yang ingin Anda jual, Anda bisa menimbun bibitnya agar  tidak terkendala modal dalam menjalankan usaha. Rencanakan bagaimana Anda akan mengelolanya.

3. Melakukan survei pemasok.

Untuk menjalankan bisnis yang sukses, Anda perlu mendapatkan benih berkualitas tinggi dari sumber yang terpercaya. Melakukan penelitian pada beberapa lembaga dan pusat yang menawarkan bibit pohon buah-buahan terpercaya. Anda bisa menemukannya di internet atau dari kerabat yang menjalankan bisnis serupa. Setelah melakukan riset, bangun kemitraan dengan pasar petani, pusat kebun, dan bahkan toko online. Kemitraan memberi Anda kesempatan untuk direkomendasikan oleh distributor.

4. Siapkan strategi periklanan Anda.

Pemasaran dan promosi produk yang kami jual kini dapat dilakukan dengan cepat dan tanpa banyak biaya tambahan. Cara termudah adalah dengan menjalankan promosi di tempat. Tingkatkan awareness terhadap bisnis penjualan bibit pohon buah-buahan Anda dengan menggunakan media sosial, billboard, dan membangun kemitraan dengan komunitas petani setempat.

***

LMP/NKS

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x