Tips Membuat WhatsApp Bisnis yang Mudah

Sabtu, 16 Desember 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi WhatsApp (Kompas.com)

LINK UMKM -  WhatsApp Bisnis telah menjadi alat yang penting dalam dunia bisnis, memungkinkan interaksi lebih efisien antara pelaku usaha dan pelanggan. Pebisnis online harus tahu bagaimana cara membuat WA Bisnis untuk meningkatkan penjualan mereka. WhatsApp (WA) Bisnis adalah aplikasi yang dimaksudkan untuk pebisnis, khususnya mereka yang berbisnis secara online. Seperti aplikasi WhatsApp pada umumnya, aplikasi WA Bisnis juga dapat diunduh gratis. Aplikasi ini dirancang untuk membantu pemilik usaha kecil dan menengah (UKM) serta perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan lebih efisien.

Selain itu, fitur WA Bisnis juga sangat membantu para pebisnis online untuk memposting informasi terkait bisnis mereka di profil WA Bisnis. Dilansir dari Kompas.com terdapat tips untuk membuat WhatsApp bisnis antara lain:

Cara Membuat WA Bisnis

Untuk membuat WhatsApp Business caranya cukup mudah, simak selengkapnya di sini.

  1. Akses Play Store (Android) atau App Store (iOS) untuk mengunduh aplikasi WhatsApp Business.
  2. Selanjutnya, cara membuat WA Bisnis adalah dengan mendaftarkan nomor ponsel unik untuk akun bisnis Anda.
  3. Tekan menu Pengaturan, pilih menu Pengaturan Bisnis, dan kemudian pilih Profil.
  4. Semua yang perlu dimasukkan ke dalam profil akun bisnis Anda termasuk nama perusahaan, alamat web, lokasi kantor, dan informasi kontak lainnya, seperti akun Facebook, Instagram, dan lainnya.
  5. Mengaktifkan fitur balas pesan otomatis dengan menekan Pengaturan, kemudian Pengaturan Bisnis, lalu Pesan Penghormatan, lalu Pesan Cepat.
  6. Cara terakhir untuk membuat WA Bisnis adalah dengan menentukan isi dari pesan balasan otomatis dan mengatur waktu pengiriman. Cara ini sangat disarankan untuk diikuti karena akan memudahkan Anda menjalankan WA Bisnis saat Anda sibuk.

 

Fitur yang Ada di WhatsApp Business

WhatsApp Bisnis menawarkan sejumlah fitur yang dirancang khusus untuk kebutuhan bisnis, seperti:

  1. Profil Bisnis: Pengguna dapat membuat profil bisnis yang memuat informasi seperti alamat, deskripsi bisnis, jam operasional, dan alamat email sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengetahui detail bisnis.
  2. Pesan Selamat Datang: Fitur ini memungkinkan Anda membuat pesan selamat datang otomatis yang diterima pelanggan saat pertama kali menghubungi bisnis Anda.
  3. Tanggapan Cepat: Fitur ini memungkinkan pengguna menyimpan pesan-pesan yang sering digunakan untuk dapat digunakan kembali dengan cepat, membantu dalam memberikan tanggapan yang lebih efisien.
  4. Statistik Pesan: WhatsApp Bisnis menyediakan analisis sederhana yang memungkinkan pengguna melihat statistik terkait dengan pesan yang dikirim, diterima, dan dibaca.
  5. Labelisasi Pesan: Anda dapat memberikan label pada percakapan dengan pelanggan untuk membantu mengatur dan memprioritaskan interaksi yang berbeda.
  6. Fitur-Fitur Lainnya: Termasuk pesan otomatis untuk saat-saat tertentu, integrasi dengan sistem manajemen pesan, dan kemampuan untuk mengelola akun dari desktop melalui WhatsApp Web.

Dengan mengikuti panduan ini, Sobat Linkumkm dapat membuat dan mengelola akun WhatsApp Bisnis dengan mudah dan praktis. Manfaatkan potensi komunikasi yang lebih efisien ini untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan memperluas jangkauan bisnis Anda. Semoga panduan ini membawa kesuksesan bagi bisnis Sobat Linkumkm di dunia digital!

***

LMP/NAH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x