Strategi Sukses Memulai Bisnis Toko Oleh Oleh
Senin, 18 Desember 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Bisnis oleh-oleh sangat menguntungkan untuk kamu yang tinggal di kota wisata. Umumnya, bisnis ini memiliki peluang kesuksesan mencapai pangsa pasar yang cukup besar, terutama di daerah-daerah yang ramai dikunjungi wisatawan. Dengan adanya tempat tersebut, maka turis atau wisatawan dapat membeli makanan khas daerah untuk mereka bawa pulang ke wilayah asal mereka.
Dilansir dari Kompas.com, berikut ini terdapat 5 strategi untuk memulai bisnis toko oleh-oleh:
- Menentukan target market
Kamu harus mengetahui siapa saja target jualan kamu dalam bisnis ini. Dan pelajari juga apa yang disukai oleh target market, termasuk range budget mereka untuk belanja oleh-oleh serta cara pemasarannya.
- Menetukan lokasi startegis
Lokasi merupakan salah satu faktor penting untuk keberhasilan usaha toko oleh-oleh. Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh wisatawan. Selain itu, lokasi yang memiliki visibilitas yang baik akan memudahkan wisatawan untuk melihat toko kamu dari kejauhan.
- Mempersiapkan pemasaran
Pemasaran merupakan salah satu faktor penting untuk keberhasilan usaha toko oleh-oleh. Kamu dapat melakukan pemasaran melalui berbagai media, seperti media sosial, iklan, atau mengikuti berbagai event.
- Memberikan kualitas produk yang berkualitas
Wisatawan tentunya berharap membawa pulang produk oleh-oleh yang original dan berkualitas. Jika produk itu makanan, maka harus kamu tonjolkan rasa yang khas dan autentik dari daerah tersebut. Wisatawan bukan hanya mengingat rasa makanan, tetapi juga pengalaman dan suasana ketika berkunjung ke darah tersebut. Sementara jika kamu menjual barang seperti kaos atau mainan daerah, gunakan bahan baku yang berkualitas agar menghasilkan barang yang bagus dan tahan lama. Kamu juga perlu memikirkan motif corak atau desain yang berbeda serta unik untuk membedakan dengan yang lainnya.
- Selalu kreatif, inovatif dan adaptif
Pengunjung akan tertarik jika produk yang kamu pajang dengan tertata rapi. Kamu perlu memperbarui tampilan dan desain, warna, serta produk baru yang unik dan menarik. Produk yang kamu tawarkan harus merencanakannya untuk segala jenis acara promosi di setiap minggu, seperti iklan, sosial media, adanya launching produk baru sebulan sekali misalnya.
***
LMP/FF