Bersaing di Era Digital
Rabu, 29 November 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Persaingan yang semakin ketat dengan banyaknya bisnis serupa, ditambah lagi dengan perkembangan teknologi yang cepat dan pesat mengharuskan pemilik bisnis untuk beradaptasi serta berkembang. Rencana berupa strategi-strategi yang efektif jadi kunci untuk bisnis tetap bertahan dan berkembang. Jika sebelumnya telah menerapkan strategi 4P (Product, Price, Place, Promotion) maka di era yang serba digital seperti sekarang ini Sobat LinkUMKM perlu mengembangkan strategi 4C yaitu Co-Creation, Currency, Communal Activities dan Conversation. Melansir dari Tempo.co berikut ini penjelasn dari 4C:
- Co-Creation : Buat Produk dengan Melibatkan Konsumen
Jika pada strategi 4P pelaku usaha memfokuskan pada produk terbaik, maka pada strategi 4C pelaku usaha justru memfokuskan pada produk yang dibutuhkan konsumen. Sehingga sebelum, membuat suatu produk Sobat LinkUMKM perlu melakukan riset pasar dahulu untuk membantu mengetahui produk yang sedang ramai serta membuat perencanaan yang tepat untuk memposisikan produk pada pasar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ahli, konsumen lebih menyukai atau tertarik pada produk yang dirancang sendiri oleh bisnis.
- Currency: Menentukan Harga dengan Melihat Kondisi Konsumen
Ketika menawarkan produk kepada konsumen Sobat LinkUMKM jangan sembarangan memasang harga yang terlalu tinggi. Pikirkan kondisi keuangan dari konsumen yang dijadikan target pasar serta kondisi mata uang sekarang ini. Sobat LinkUMKM dapat menggunakan tools analytics untuk melihat tipe-tipe dari konsumen. Setelah mengetahui tipe-tipe dari konsumen, hasil tersebut dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan dalam menentukan harga dan jenis barang yang akan dijual. Sehingga penjualan yang terjadi dapat memaksimalkan keuntungannya. Berdasarkan elemen yang terdapat pada strategi 4C, konsumen cenderung akan rela mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli produk yang diinginkan.
- Communal Activation: Tidak Perlu Memiliki Toko Fisik untuk Berjualan
Toko offline sekarang bukan jadi patokan untuk membuka sebuah usaha. Sobat LinkUMKM dapat berjualan di platform online untuk membuka toko. Usaha kecil dan menengah pun tidak perlu lagi repot-repot untuk memikirkan tempat usaha yang cocok. Dengan menggunakan platform online bukan cuma tidak memerlukan toko secara fisik tapi juga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dan menghasilkan penjualan yang jauh lebih tinggi.
Namun, perlu dipertimbangkan juga produk yang dijual. Sesuaikan dengan produk dengan kebiasaan konsumen dan hilangkan berbagai hambatan yang dihadapi ketika konsumen membeli suatu produk.
- Conversation: Metode Pemasaran dengan Melibatkan Konsumen
Fokus pada penjualan memang perlu, namun ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan, yaitu komunikasi dengan konsumen. Memberikan pelayanan yang baik dan pengalaman yang berkesan dapat membuat konsumen datang kembali lagi untuk membeli produk Sobat LinkUMKM.
***
LMP/PTH