Bingung Strategi Pemasaran Hasil Hidroponik

Selasa, 21 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Hidroponik (Kompas.com)

LINK UMKM -  Hidroponik adalah salah satu metode menanam tanaman untuk Sobat LinkUMKM yang memiliki lahan terbatas. Pada metode menanam ini media tanam tidak menggunakan tanah. Meskipun tidak menggunakan media tanam untuk penanaman, hasil yang diperoleh melalui metode hidroponik cukup melimpah. Apalagi Sobat LinkUMKM merawat tanaman hidroponik sepenuh hati dan memberikan perhatian lebih. Namun, hasil panen melimpah dari hidroponik tidak bersamaan dengan pemasarannya.

Masih banyak orang yang kurang mengetahui cara memasarkan hasil panen yang maksimal. Akibatnya, hasil panen hidroponik tidak terdistribusi secara maksimal. Untuk membantu dalam memasarkan hasil panen hidroponik berikut ini dilansir dari Kompas.com alternatif cara yang bisa dilakukan untuk memulai pemasaran produk hasil hidroponik:

1. Memanfaatkan koperasi pertanian

Terdapat koperasi pertanian yang menjadi tempat petani meningkatkan produksi pertanian. Pada koperasi akan diberikan berbagai informasi, mulai dari penyuluhan, permodalan sampai panen dan distribusinya. Namun sebelum bergabung, Sobat LinkUMKM harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai anggota koperasi. Menjadi anggota koperasi akan membantu dalam memasarkan produk tanpa batasan jumlah.

2. Bergabung dengan komunitas atau paguyuban

Cara lainnya dengan bergabung dengan komunitas atau paguyuban, dengan komunikasi tersebut akan memudahkan memasarkan karena pada komunitas banyak sekali orang yang akan menjadi jembatan penghubung antara penjual dan calon pembeli.

Dalam komunitas juga menjadi wadah bercerita pengalaman bisnis pertanian yang dikerjakan. Khususnya ketika hasil panen yang sedikit tidak seimbang dengan permintaan pasar yang banyak dan begitu pula sebaliknya.

3. Jual langsung ke pasar

Pasar tradisional adalah tempat yang baik untuk memasarkan produk hasil panen hidroponik. Dengan kelebihan, tampilan yang lebih berkualitas dari sayuran lainnya akan menjadi daya tarik untuk calon pembeli. Sobat LinkUMKM dapat menawarkan kepada penjual di pasar atau pengepul. Tapi jangan terburu-buru, cari yang memiliki harga yang bagus dan sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan.

4. Jual dari kebun secara langsung

Dengan memasarkan produk hasil hidroponik dapat menjual langsung dari kebun, dapat memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda dari yang lin. Pembeli juga akan percaya dengan kualitas sayur yang ditawarkan. 

Cara ini juga dapat bisa mengurangi biaya transportasi atau pengiriman dan lainnya. Sehingga tidak perlu repot untuk mendatangi banyak tempat untuk memasarkan hasil panen hidroponik.

5. Gunakan media sosial dan website

Jangan lupa untuk melakukan pemasaran lewat media sosial atau website bisnis Sobat LinkUMKM. Jika belum memiliki akun media sosial dapat membuatnya terlebih dahulu. Media sosial sekarang ini menjadi tempat yang efektif untuk melakukan promosi. 

Selain media sosial, dapat juga untuk membuat website berjualan dengan memajang foto-foto produk dengan tampilan yang segar dan menarik calon pembeli untuk membelinya. Jika perlu dapat menyediakan jasa pesan antar untuk lebih menarik calon pembeli.

6. Bergabung dengan marketplace

Selain menggunakan media sosial untuk memasarkan hasil panen, Sobat LinkUMKM juga bisa memanfaatkan marketplace. Sudah banyak sekali pilihan marketplace yang dapat dijadikan wadah untuk melakukan pemasaran yang lebih luas dan menjangkau pasar yang lebih besar. 

Terlebih ketika bergabung dengan marketplace Anda tidak perlu pusing lagi untuk pengiriman, karena umumnya pengiriman sudah disediakan oleh marketplace. Pembeli yang melakukan pembelian hasil panen hidroponik akan memilih sendiri jasa pengiriman yang sesuai dengan daerahnya.

Agar toko marketplace Anda berkembang, sebaiknya untuk menggabungkan dengan sosial media yang dimiliki untuk melakukan promosi yang lebih efektif.

***

LMP/PTH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x