Kuliner Rice Bowl Masa Kini

Senin, 20 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Rice Bowl (Kompas.com)

LINK UMKM -  Kalau membahas bisnis pada dunia kuliner memang tidak ada habis-habisnya. Banyak sekali macam dan ragam kuliner mulai dari yang lawas hingga kekinian sampai yang biasa saja hingga unik. Mangkokku adalah salah satu startup kuliner yang besar di Indonesia. Didirikan oleh anak muda Indonesia yaitu Randy Kartadinata, Chef Arnold Poernomo, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming sejak tahun 2019.

Randy Julius Kartadinata adalah CEO sekaligus salah satu pencetus startup kuliner “Mangkokku”. Randy Kartadinata pernah menempuh pendidikan di luar negeri tepatnya di Harvard Business School. Randy juga adalah seorang Co-Founder dari konsultan bisnis makanan dan minuman, Digitarasa Powered by Gofood dari tahun 2020 dan seorang komisaris serta CO-Founder dari GIOI Cookery and Plantery sejak dibangun tahun 2016. Sekarang ini yaitu mangkokku menjadi usaha dalam bidang kuliner yang sedang naik daun dan terkenal dimana-mana. 

Bukan perjalanan yang mudah hingga terkenal sekarang ini, dimulai dari outlet pertama di Tanjung Duren, Jakarta usaha Mangkokku diperkenalkan. Namun kesuksesan Mangkokku sudah dapat terlihat ketika soft opening pada tahun 2019, Mangkokku sudah banyak sekali menarik perhatian dari berbagai kalangan. Bahkan terdengar kabar food vlogger sampai selebgram ikut membeli dan rela antri berjam-jam bersama pembeli yang lain untuk merasakan sendiri produk kuliner dari usaha Mangkokku. 

Mangkokku sendiri adalah usaha kuliner yang menawarkan makanan berat yaitu rice bowl atau hidangan berupa nasi dengan berbagai macam lauk pendamping yang dihidangkan dalam mangkuk. Kesuksesan usaha Randy sebagai CEO Mangkokku sudah dapat terlihat, sekarang ini Mangkokku telah memiliki 54 outlet di 16 kota yang tersebar pada 5 provinsi di Indonesia seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa timur dan Jawa Tengah berdasarkan data pada Juli 2022. Selain itu produk yang pun sudah terjual lebih dari 5 juta mangkok dan 200 ribu lebih cup minuman terjual pada Juli 2022. Tidak sampai disitu, Mangkokku bahkan memperoleh Top Selling kategori Rice Bowl dengan rating 4,8 dari 5,0 di Gofood pada Juli 2022.

Melansir dari Kompas.com ketika terjadinya pandemi bukanlah menjadi sebuah penghalang untuk terus maju. Adanya pandemi justru menjadi peluang yang baik untuk dimanfaatkan dalam meningkatkan penjualan. Randy menuturkan, dengan adanya adaptasi strategi, inovasi dan kolaborasi yang dilakukan Mangkokku, menghasilkan pertumbuhan yang signifikan hingga 8 kali lipat saat pandemi.

Ketika pandemi berlangsung semua peraturan berubah total dan mengharuskan mengikuti perubahan aturan tersebut. Sehingga ketika itu mengubah fokus Mangkokku dalam ekspansinya ke layanan online dan cloud kitchen. Dengan strategi lain, Mangkokku berhasil membuka lebih banyak gerai online dan mempersiapkan fasilitas pendukung pembelian online yang lebih baik di outlet yang sudah ada.

Tidak sampai disitu Mangkokku juga menghadirkan kuliner yang terus mengalami inovasi untuk tetap mengikuti tren dan permintaan dari konsumen dan hal itu lah yang menjadi kunci kesuksesannya.

Sobat LinkUMKM perlu sekali mengambil pelajaran dari Mangkokku. Jangan melihat suatu masalah sebagai penghambat dalam usaha, lihatlah masalah tersebut sebagai peluang yang dapat mengembangkan usaha menjadi lebih besar dan lebih baik dari sebelumnya. Lakukan terus beragam inovasi produk untuk terus relevan dan mengikuti tren yang sedang ramai diperbincangkan dan juga terima masukan dari konsumen, jangan langsung terima saja tapi pikirkan pilihlah masukan tersebut dan terapkan perencanaan strategi dari masukan konsumen untuk perkembangan usaha yang lebih baik.

***

LMP/PTH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x