Ternyata Ini Tujuan Dari Iklan

Selasa, 14 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Iklan (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah menggunakan iklan pada media massa dan media sosial. Iklan menjadi strategi pemasaran yang cukup banyak digunakan, karena dapat menarik banyak sekali konsumen. Melalui iklan yang unik dan berbeda Sobat LinkUMKM akan dengan  mudah menarik perhatian konsumen untuk mencari tahu lebih mengenai produk sehingga memungkinkan melakukan pembelian. Iklan adalah cara yang dilakukan suatu bisnis dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau layanan kepada konsumen. 

Dengan iklan suatu perusahaan dapat meningkatkan penjualan yang tinggi dan mampu mencapai target. Iklan membuat konsumen jadi mengenal dan mengetahui produk yang dijual dengan cara yang efektif. Apalagi sekarang media sosial sudah banyak digunakan oleh orang-orang, dan media massa pun masih memiliki penonton setia. Bukan hanya untuk mengenal dan mengetahui suatu produk tujuan iklan, berikut ini tujuan iklan melansir dari Kumparan.com secara jelas antara lain:

1. Pemberitahuan (Information advertising)

Melalui iklan yang dibuat oleh bisnis, dapat membantu untuk memberitahu adanya produk yang baru dikeluarkan (launching) mengenai manfaat, harga dan dimana saja dapat dengan mudah membeli produk tersebut bagi konsumen yang ingin mendapatkannya. Bukan hanya dipergunakan untuk memberitahu tentang peluncuran produk baru, iklan juga bisa dipakai dalam pembukaan kantor baru sebagai pengenalan bagi orang yang melihatnya.

2. Pengingat kembali (Reminder advertising)

Biasanya ketika melihat sebuah iklan, masyarakat akan penasaran untuk mengenal lebih jauh produk atau layanan yang dipromosikan tersebut. Namun, tidak jarang masyarakat lupa atau tidak mengingat nama dari produk tersebut. Sehingga iklan dapat bertujuan untuk mengingat kembali tentang produk bisnis. Dengan iklan, diharapkan masyarakat yang tertarik dapat mencari tahu tentang produk tersebut dan menjadikannya pilihan pada saat mengambil keputusan membeli atau tidaknya produk dan layanan tersebut.

3. Penarik perhatian (Persuasive advertising)

Dengan adanya iklan, bisnis dapat menarik lebih banyak perhatian konsumen yang melihatnya. Tujuannya tentu untuk memberitahu dan mengenalkan produk atau fitur-fitur yang berkaitan dengan produk yang dipromosikan. Penarik perhatian ini diharapkan dapat menambah pangsa pasar yang memungkinkan perpindahan konsumen untuk membeli produk.

4. Pembangun citra (Reinforcement advertising)

Tujuan terakhir dari iklan ialah membangun citra merek yang diharapkan. Contohnya bisnis memiliki dipercaya oleh konsumen dalam memberikan produk yang unik dan menarik dengan warna-warna yang mencolok, serta memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda. 

Pada ujungnya tujuan dari iklan yaitu untuk mempengaruhi sikap, persepsi dan pengetahuan serta perilaku dari konsumen. Dengan demikian, konsumen akan melakukan pembelian dan menggunakan produk. Hal inilah yang diharapkan bisnis melalui iklan yang dilakukan.

***

LMP/PTH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x