Parfum Karya Anak Muda Indonesia

Senin, 13 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Rizky Arief Dwi Prakoso (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Parfum adalah salah satu pendukung penampilan yang menjadi kebutuhan untuk masyarakat modern seperti sekarang ini. Peluang bisnis yang cerah pada bisnis parfum memberanikan Rizky Arief Dwi Prakoso untuk mencoba peruntungan pada bisnis ini. Beliau membangun bisnis brand lokal bernama “HMNS”. HMNS atau Humans (manusia) adalah salah satu brand parfum lokal yang sukses menggaet pasar domestik dan internasional.

HMNS adalah merek parfum lokal yang sangat terkenal di berbagai online shop seperti Shopee dan Tokopedia. Dengan harga yang terjangkau, parfum HMNS memberikan kualitas yang tidak main-main untuk produknya. Terbukti dengan diraihnya penghargaan Tokopedia Beauty Awards 2021 untuk HMNS, memperoleh peringkat kelima setelah YSL, Dior, Bvulgari dan Channel berdasarkan data Compas: E-Commerce Market Insight Dashboard periode 1-15 Agustus 2021 serta meraih penghargaan lain dari Female Daily & Tokopedia sebagai merek parfum Indonesia terbaik pada tahun 2022 dan 2023.

Bukan jalan yang mulus untuk memperoleh penghargaan seperti sekarang, banyak sekali keringat dan usaha untuk sampai pada titik puncak. Chief Executive (CEO) dan Founder HMNS yaitu Rizky Arief Dwi Prakoso memiliki minat pada dunia fashion. Pada awal usaha beliau memulai perjalanannya dengan mendirikan usaha pada tahun 2017 yang bernama NAH Project dan menjadi CEO juga di bisnis tersebut. Nah Project adalah bisnis yang berfokus pada produksi sneakers lokal, hingga pada tahun 2018 sneakers buatannya dipakai oleh Presiden RI Joko Widodo yang membuat bisnisnya semakin dikenal. 

Sukses pada bisnis sneakers, Rizky Arief Dwi Prakoso mencoba peruntungan di dunia parfum dengan membangun bisnis yang bernama “HMNS”, hingga sekarang bisnis tersebut berada di bawah kepemimpinannya. Ide membangun bisnis tersebut berawal dari sulitnya mendapatkan parfum yang berkualitas dengan harga yang terjangkau ketika berada di sebuah mall di Jakarta. Akhirnya mendorong Rizky Arief Dwi Prakoso untuk membangun bisnis parfum lokal dengan mereknya sendiri. Bukan hal yang mudah dalam membuat parfum yang berkualitas, membutuhkan waktu yang lama dan datang kepada 3 ahli parfum berpengalaman untuk belajar dan meracik formula yang tepat untuk produk parfumnya.

Dilansir Kumparan.com, Rizky Arief Dwi Prakoso menjelaskan sebuah produk yang punya power kuat adalah produk yang mempunyai tujuan yang kuat pula. Sehingga membuat orang punya alasan membeli produk tersebut, dan prinsip itulah yang diterapkan pada bisnis parfumnya yaitu HMNS.

Di Indonesia banyak sekali bahan baku mentah yang berkualitas untuk membuat parfum. Di dunia 70% bahan baku mentah untuk parfume berasal dari Indonesia, jelasnya. Sehingga menjadi salah satu cita-cita untuk membuat Indonesia terkenal bukan hanya sebagai sumber bahan baku mentah parfum saja tapi juga dikenal mempunyai merek parfum yang diakui dan dihargai di luar sana, tambahnya.

Dari cerita inspiratif Rizky Arief Dwi Prakoso sebagai CEO dan Founder HMNS. Sobat LinkUMKM perlu mengambil pelajaran yang berharga yaitu terus melakukan inovasi pada bisnis, memiliki keberanian untuk membangun bisnis serta memiliki rencana yang matang untuk bisnis kedepannya. Semoga dari cerita inspiratif ini Sobat LinkUMKM menjadi semangat dan selalu terus berinovasi dalam bisnis yang sedang dijalani.

***

LMP/PTH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x