Pahami Manajemen SDM Sekarang
Jumat, 10 November 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Kemampuan atau keterampilan dalam mengatur, mengelola, mengawasi dan mengontrol sumber daya manusia pada bisnis tidak bisa dipungkiri adalah suatu hal yang penting. Kemampuan tersebut dalam membantu kegiatan operasional bisnis menjadi efektif dan efisien. Manajemen sumber daya manusia adalah suatu usaha yang dilakukan perusahaan untuk mengelola tenaga kerja yang dimiliki untuk mencapai tujuan tertentu. Simak penjelasan yang dilansir dari Tempo.co tentang fungsi manajemen sumber daya manusia:
- Perencanaan SDM
Manajemen sumber daya manusia memiliki fungsi sebagai perencanaan SDM. Pada fungsi ini akan mengidentifikasi, menganalisis dan mengantisipasi kebutuhan SDM yang dibutuhkan suatu perusahaan atau bisnis dalam menjalankan kegiatan. Tujuannya, tidak lain untuk memenuhi jumlah dan jenis karyawan yang sesuai kebutuhan untuk meraih tujuan perusahaan. Dimulai dari melakukan analisis peran, seleksi calon karyawan, pembagian tugas dan penempatan karyawan.
- Proses rekrutmen hingga pemberhentian
Selain merencanakan SDM untuk perusahaan atau bisnis, manajemen SDM juga berfungsi sebagai penanggung jawab atas siklus lengkap karyawan, dari merekrut sampai mengakhiri kerjasama. Termasuk pada perencanaan, seleksi, orientasi, dan pemberhentian karyawan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan.
- Kompensasi dan tunjangan
Kompensasi dan tunjangan berada pada fungsi manajemen SDM, yang mengatur penetapan nilai gaji dan kompensasi yang dibagikan harus adil dan seimbang. Pastikan pemberian gaji sudah sesuai dengan tanggung jawab dan tugas dari posisi karyawan yang bekerja.
- Penilaian kinerja dan pengembangan karier
Bukan hanya perencanaan SDM, manajemen SDM juga harus memastikan penilaian dan pengembangan karir karyawan baik untuk keberlanjutan bisnis. Maksudnya memberikan umpan balik yang membangun dan adanya peluang untuk karyawan berkembang serta kesempatan naik jabatan.
- Pelatihan dan peningkatan keterampilan
Untuk memastikan pengembangan karir karyawan baik, manajemen SDM harus menyediakan pelatihan dan program pengembangan agar keterampilan dan kapabilitas karyawan bisa meningkat. Manajemen SDM harus bisa melakukan penilaian bakat yang sesuai. Hal tersebut nantikan dapat menjadi investasi dalam bentuk pelatihan karyawan yang dapat meningkatkan kualitasnya.
- Keamanan dan keselamatan di tempat kerja
Fungsi selanjutnya ialah keamanan dan keselamatan karyawan. Manajemen SDM memiliki peran untuk memastikan lingkungan kerja memberikan aman dan sehat untuk semua karyawan yang bekerja. Hal ini terkait dalam manajemen risiko, inisiatif motivasi,dan strategi pengelolaan konflik.
- Manajemen hubungan kerja
Fungsi terakhir yang harus dijalankan manajemen SDM adalah melakukan pengelolaan hubungan yang baik antara semua elemen perusahaan maupun setiap karyawan yang bekerja. Dalam cakupan menghormati hak milik karyawan, pembuatan feedback, dan pengelolaan pengaduan yang diberikan dan juga untuk implementasi praktik manajemen sumber daya manusia yang adil.
***
LMP/PTH