Pentingnya Konsinyasi untuk UMKM

Senin, 6 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Bisnis (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Kegiatan dalam menawarkan dan memperkenalkan produk Sobat LinkUMKM perlu dijadikan perhatian khusus. Pemilihan strategi pemasaran yang tepat dapat menunjang tingkat penjualan produk yang tinggi. Salah satu strategi yang dapat Anda lakukan adalah melakukan konsinyasi. Konsinyasi adalah strategi dalam memasarkan produk dengan cara menitipkan produk kepada pihak lain sebagai pihak penjual dengan memberikan komisi.

Dengan menggunakan konsinyasi banyak sekali manfaat yang diperoleh untuk pengamat atau pemilik barang yang menitipkan dan untuk komisioner atau orang yang dititipkan. Manfaat untuk pengamat seperti memperluas pasar dan dapat mengatur harga jual produk di agen. Sedangkan untuk komisioner keuntungan yang akan didapatkan antara lain yaitu, tidak menanggung rugi produk apabila tidak terjual, tidak mengeluarkan biaya operasional penjualan konsinyasi dan jika produk rusak dan harga berubah-ubah bukan tanggung jawab komisioner.

Untuk meningkatkan keberhasilan Sobat LinkUMKM dalam mempergunakan konsinyasi pada strategi pemasaran. Berikut apa saja faktor penentu keberhasilan bisnis konsinyasi dilansir dari Kumparan.com:

  • Berfokus pada satu ide

Jangan terlalu banyak menggunakan ide pada konsinyasi, fokuskan pada satu ide yang benar-benar mendukung untuk keberhasilan konsinyasi Sobat LinkUMKM.

  • Komunikasi lancar

Komunikasi antara pengamat dan komisioner harus berjalan dengan lancar. Komunikasi yang baik akan memudahkan konsinyasi yang lebih efektif tidak terjadi kesalahpahaman yang terjadi ketika sedang bekerja.

  • Pahami target audiens

Siapa audiens bisnis Anda, pelajari dan pahami sebelum melakukan pemasaran dan promosi bisnis agar lebih efisien, sehingga berjalannya konsinyasi akan sukses dan lancar.

  • Penawaran

Berikan penawaran kepada konsumen Sobat LinkUMKM, apa yang dibutuhkan dan diinginkan, sebisa mungkin telah tersedia.

  • Atribusi

Terdapat dampak positif dan negatif pada bisnis yang dijalankan sekarang, untuk itu Sobat LinkUMKM haruslah paham dan sadar akan hal tersebut.

  • Susun rencana pemasaran yang lengkap

Susun dan pahami rencana yang dibuat dari awal sampai akhir untuk memperlancar bisnis Sobat LinkUMKM

Nah itu adalah faktor penentu keberhasilan bisnis konsinyasi, Sobat LinkUMKM dapat menerapkan satu atau beberapa faktor secara bersamaan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Semoga membantu.

***

LMP/PTH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x