Punya Instagram Jangan Diam Saja

Jumat, 3 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Iklan Instagram (Kompas.com)

LINK UMKM -  Siapa yang kalau seharian belum buka Instagram itu belum afdol, angkat tangan!!! Umumnya orang-orang memposting berbagai hal di sosial media satu ini, mungkin sekedar menyimpan kenangan, cerita atau bisa jadi melakukan promosi usaha. Nah dari pada punya sosial media Instagram buat scroll saja lebih baik dimanfaatkan untuk melakukan promosi bisnis untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Melansir dari Kompas.com berikut ini tips memaksimalkan promosi menggunakan Instagram bisnis:

1. Buat toko Instagram

Langkah awal, Sobat LinkUMKM harus mengenal dahulu apa itu Instagram Shopping. Instagram Shopping adalah suatu fitur yang disediakan untuk pengguna menjelajahi dan melihat berbagai produk yang ditawarkan di etalase IG Shopping. Manfaat dari fitur ini Sobat LinkUMKM dapat memberi tanda untuk produk bisnis Anda dalam sebuah postingan dan IG Story, sehingga memungkinkan pengguna lain melihat informasi mengenai produk lebih lengkap dan leluasa.

2. Buat iklan Instagram

Selain menarik pengguna Instagram lain mengunjungi akun bisnis Sobat LinkUMKM yang membuat peningkatan brand awareness hingga penjualan. Sobat LinkUMKM dapat melakukan promosi lewat iklan Instagram lewat produk atau konten yang dibuat Anda. Pertama dapat membuat iklan Instagram dan Facebook Ads Manager, caranya:

  • Buka laman Facebook Ads Manager
  • Log in ke akun Facebook yang terkait dengan akun Instagram bisnis
  • Pilih menu “kampanye” dan Klik “buat iklan”
  • Pilih jenis pembuatan iklan
  • Tentukan target pasar untuk iklan produk Anda berdasarkan beberapa kriteria seperti lokasi, usia, minat dan perilaku.
  • Rincikan anggaran harian untuk total kampanye, jadwal tayangan iklan dan sebagainya
  • Buat isi iklan yang menarik, tambahkan teks, gambar atau video
  • Tidak lupa masukkan tautan atau tombol tindakan, contohnya “Belanja Sekarang”
  • Pilih lokasi iklan 
  • Terakhir tinjau kembali iklan untuk memastikan iklan telah sesuai
  • Setelah aktif, Sobat LinkUMKM dapat memantau kinerja dengan Facebook Ads

3. Manfaatkan fitur-fitur IG Story untuk promosi

Di Instagram juga terdapat fitur yang sudah sering dipakai pengguna Instagram, yaitu IG Story. Maksimalkan IG Story seperti menggunakan “countdown” ketika akan meluncurkan produk baru atau tambahkan tautan, polling atau kuis kecil berkaitan dengan bisnis Sobat LinkUMKM.

4. Jadwalkan postingan konten Instagram

Selain IG Story, Sobat LinkUMKM dapat mengoptimalkan brand awareness dengan memposting konten-konten menarik yang dapat disesuaikan fitur menjadwalkan konten bisnis Anda.

5. Bermitra dengan kreator konten atau influencer

Kolaborasi dengan kreator atau influencer yang memiliki minat serupa dengan bisnis Anda. Hal tersebut dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan tepat sasaran serta dapat menambah pengikut pada akun bisnis Sobat LinkUMKM.

***

LMP/PTH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x