Wangi Parfum Pemikat Konsumen
Rabu, 1 November 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Sekarang ini toko parfum, selayaknya jamur dimusim hujan. Banyak sekali toko parfum yang dapat ditemui di sudut kota. Mulai dari toko parfum yang murah sampai mahal ramai dikunjungi pembeli yang menginginkan wangi parfum yang semerbak ke udara. Hal tersebut menggambarkan bahwa minat masyarakat terhadap parfum lokal sangat tinggi. Banyaknya peminat parfum, memang sebanding dengan keuntungan yang didapatkan dari bisnis parfum ini. Luasnya pasar, permintaan yang tinggi, dipakai di semua kalangan dan harganya yang sesuai kantong membuat bisnis parfum memiliki prospek bisnis yang baik.
Memang bukan suatu hal yang mudah dilakukan untuk membangun bisnis parfum dari awal. Selain membutuhkan modal, Sobat LinkUMKM juga perlu konsisten, tekun dan yang terpenting tahu mengenai parfum. Melansir dari Kompas.com tips sukses membangun bisnis parfum:
1. Coba siasati biaya produksinya
Sebagai langkah awal, Sobat LinkUMKM dapat mengakali harga bahan baku dan biaya produksi, agar harga jual parfum dapat ditawarkan kepada konsumen lebih murah. Perlu diingat untuk membeli bibit parfum yang berkualitas dengan harga terjangkau, bisa bibit parfum lokal atau impor.
Kisaran Rp 400.000 - Rp 2.000.000 per kilogram untuk bibit parfume impor, tergantung pada kualitas, merek dan varian yang Sobat LinkUMKM beli. Sementara kisaran harga Rp 200.000 - Rp 500.000 per kilogram untuk bibit parfum lokal. Jangan lupa untuk menginformasikan kepada pedagang bibit parfum jika yang dibeli tersebut akan dipergunakan untuk bahan baku jualan, ini adalah salah satu tips untuk mendapatkan harga yang lebih murah dari biasanya. Beberapa pedagang bibit parfum juga akan memberikan diskon pembelian jika membeli dengan jumlah yang banyak.
2. Campur dalam komposisi yang sesuai
Perhatikan komposisi dari campuran bibit parfum agar menjadi minyak wangi dengan cairan pengencer, umumnya menggunakan alkohol khusus untuk minyak wangi seperti glycol, propylene glycol hingga methanol. Pastikan komposisi antara bibit parfum dan cairan pengencer sesuai, biasanya untuk wangi parfum yang ideal menggunakan komposisi 1:1.
3. Cari wadah botol yang estetik
Tampilan dari botol parfum juga dapat menjadi pertimbangan konsumen membeli minyak wangi. Agar tampilan wadah minyak wangi estetik, pilihlah botol kaca yang memiliki tampilan minimalis, namun elegan dan menarik. Bukan cuma menambah kesan estetik, wadah botol yang bagus juga akan meningkatkan harga jualnya menjadi lebih tinggi.
4. Pilih niche market yang tepat
Tentukan niche atau target pemasaran yang tepat untuk bisnis parfum Sobat LinkUMKM. Penting dalam memiliki target untuk menyesuaikan bahan baku yaitu bibit parfum yang sesuai dengan target pasar yang diincar,
5. Berikan harga yang kompetitif
Tawarkan harga jual yang kompetitif untuk menarik konsumen membeli produk. Ingat, harga yang ditawarkan harus sesuai dengan kualitas parfume yang diterima konsumen.
6. Jangan lupa promosi dengan inovatif
Jika tips sebelumnya telah dilakukan, selanjutnya lakukanlah promosi untuk menarik pelanggan melalui media sosial contohnya Instagram, Facebook dan Twitter untuk memperkenalkan dan memasarkan produk parfum. Tidak lupa dapat memberikan diskon dan promo menarik khusus untuk konsumen.
7. Tawarkan layanan yang baik
Terakhir, berikan layanan yang terbaik sehingga konsumen merasa dihargai dan membuatnya kembali lagi membeli parfum. Berikan pelayanan terbaik yang memberikan informasi mengenai produk yang ditawarkan dengan ramah, sopan dan lain sebagainya.
***
LMP/PTH