Punya Bisnis Kuliner Tapi Bingung Gimana Pemasarannya

Minggu, 22 Oktober 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Bisnis Kuliner (Tempo.co)

LINK UMKM - Menjamurnya bisnis kuliner, memperketat persaingan antar pelaku bisnis. Untuk bertahan di era sekarang menjadi sulit dan berkembang pun sama. Diperlukan perencanaan strategi yang ampuh dan tepat sasaran serta disesuaikan dengan pelanggan untuk bersaing dan meraih kesuksesan. Di era yang serba digital, jadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha kuliner karena diharuskan untuk paham dan mengerti penggunaan teknologi untuk menarik banyak pelanggan. Memperkenalkan bisnis sekaligus memperluas area pemasaran dapat dilakukan menggunakan pemasaran digital. Melasir dari Tempo.co penerapan strategi pemasaran digital efektif yang tepat sasaran antara lain:

- Tentukan tujuan dan lakukan riset mendalam

Untuk meraih kesuksesan terdapat strategi dan rencana yang matang. Strategi dan rencana tersebut bisa dibuat dengan kreatif agar menarik konsumen. Selain itu, dibutuhkan orientasi tujuan yang jelas untuk mengukur keberhasilan sebuah usaha. Selanjutnya, memahami budaya konsumen yang sedang ramai untuk dapat membantu bisnis membuat konten yang menarik target pasar. Setiap orang pasti memiliki budaya yang berbeda, maka dari itu lakukan riset untuk menemukan konten yang paling relevan dengan pelanggan.

Sobat LinkUMKM dapat mengkombinasikan antara komunikasi, perkembangan kreatif, perencanaan media dan pemahaman budaya lokal sebagai taktik merek dagang yang lebih dekat dengan target pasarnya. Dengan kombinasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan peluang untuk mencapai keuntungan yang besar.

- Gunakan pemasaran berempati dan tawarkan nilai tambah

Empati adalah kemampuan untuk ikut memahami dan merasakan apa yang sedang dirasakan orang lain. Dalam strategi pemasaran, itu dibutuhkan untuk menciptakan sebuah strategi yang sesuai. menurut EConsultancy, empati dapat menjadi cara dalam menempatkan diri di kondisi yang sama dengan orang lain dan mengidentifikasi dengan situasi tersebut. Sementara itu pada konteks merek usaha, empati menjadi cara untuk menggambarkan karakteristik dari pelanggan dalam memandu merencanakan strategi pemasaran yang tepat. Sobat LinkUMKM dapat mendengarkan keinginan dan kebutuhan yang dibutuhkan kemudian menawarkan produk yang sesuai, sehingga nantinya pelanggan akan merasa dihargai.

- Manfaatkan viralnya kompetitor

Memanfaatkan popularitas atau viralnya kompetitor adalah saat bisnis mengambil keuntungan dari perhatian yang diberikan kepada pesaing bisnis dalam rangka untuk meningkatkan pengalihan pelanggan kepada bisnis Sobat LinkUMKM. Akan tetapi perlu diingat untuk menggunakan cara yang etis dan sesuai dengan nilai bisnis tanpa merugikan pesaing dan melanggar etika bisnis yang ada

***

LMP/PTH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x