Cara Menentukan Harga Jual Produk
Senin, 9 Oktober 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Sobat LinkUMKM masih bingung harga yang ditawarkan terlalu mahal atau bahkan terlalu murah? Menentukan harga jual salah satu hal yang krusial pada saat menjual produk kepada konsumen. Sobat LinkUMKM tidak perlu khawatir ini adalah cara menentukan harga jual yang benar agar tidak merugi melansir Kompas.com:
1. Cara Mark-Up Pricing
Cara menentukan harga jual produk menggunakan cara Mark-Up Pricing. Cara ini menggunakan perhitungan yang mudah, dengan menghitung modal dan laba yang ingin dicapai.
Harga Jual = Modal + Mark-Up
Contoh, ketika ingin menetapkan harga jual dari 10 buah tas dengan modal Rp 1.000.000 Laba yang diinginkan adalah Rp. 500.000. Sehingga cara menghitungnya sebagai berikut:
Harga Jual = Rp 1.000.000 + Rp 500.000 = Rp 1.500.000
Kemudian tentukan harga satuan produk caranya membagi dengan jumlah tas.
Rp 1.500.000 : 10 = Rp 150.000
2. Cara Cost Plus Pricing
Menghitung dengan menjumlahkan semua biaya modal yang dikeluarkan kemudian ditambah dengan laba.
Harga Jual = Modal + Persentase Keuntungan
Contoh, Ali mendapatkan pesanan 25 buah gantungan kunci untuk hadiah. Untuk membuat pesanan tersebut Ali mengeluarkan biaya modal sebesar Rp 100.000. Ali mendapatkan keuntungan sebesat 20%, maka perhitungannya sebagai berikut:
Harga Jual = Rp 100.000 + (20% * Rp 100.000)
Harga Jual = Rp 100.000 + Rp 20.000
Harga Jual = Rp 120.000
Maka, harga jual dari gantungan kunci adalah Rp 120.000 : 25 = Rp 4.800/ buah
3. Keystone Pricing
Terakhir dengan menjual produk 2 kali lipat dari modal yang dipakai untuk produksi. Mungkin cara ini tidak masuk akal, akan tetapi cara ini sudah banyak dipraktekkan pada perusahaan retail sejak lama.
***
LMP/PTH