Customer Relationship Manager Untuk UMKM

Sabtu, 7 Oktober 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi (Kumparan.com)

LINK UMKM - Customer Relationship Manager atau disingkat CRM adalah metode yang untuk menjalin hubungan dengan pelanggan pada level komunikasi bisnis menggunakan pengelolaan kontak yang berbeda agar pemasaran maksimal. CRM ini berperan dalam meningkatkan penjualan dan pendapatan menggunakan informasi pelanggan yang disampaikan. Dengan mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan, perusahaan mudah menyediakan hal tersebut untuk pelanggan. Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat Customer Relationship Manager melansir dari Kumparan.com antara lain:

1. Meningkatkan informasi pelanggan

Tahu kebutuhan dan keinginan pelanggan adalah faktor utama yang harus diketahui untuk meningkatkan kepuasan pelanggan ketika melakukan pembelian produk atau jasa. CRM membantu untuk bisnis tetap terjalin lancar dengan konsumen. Apabila sering berkomunikasi dengan pelanggan, Sobat LinkUMKM akan lebih memahami dan mengenal konsumen lebih dalam dan nantinya akan meningkatkan ide produk bisnis dari informasi yang diperoleh.

2. Menjaga loyalitas pelanggan

Pelanggan yang loyal adalah keuntungan yang diterima suatu bisnis. Dengan mudahnya mengakses data informasi pelanggan dari CRM, Sobat LinkUMKM akan tanggap dan cepat untuk menyediakan layanan dan kebutuhan yang diperlukan pelanggan. Jika semua pelanggan terpenuhi, bisa dipastikan bisnis tidak akan kehilangan pelanggan.

3. Peningkatan time to market

Informasi CRM bisa digunakan untuk mencari dan menemukan tren yang sedang hangat di masyarakat. Keuntungannya Sobat LinkUMKM dapat mengatur waktu yang tepat dalam memperkenalkan produk atau layanan baru. Misalnya Sobat LinkUMKM merilis produk musim hujan dengan tren masyarakat yang membeli jas hujan dengan bahan yang hangat dan warna pastel yang sedang tren.

4. Efisiensi operasional yang lebih baik

Memakai CRM maka otomatisasi penjualan serta layanan akan berjalan dengan efektif dan efisien, berarti resiko turunnya kualitas pelayanan dan berkurangnya beban arus kas bisnis.


Customer Relationship Manager atau CRM pada dasarnya membantu Sobat LinkUMKM untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Memudahkan dalam memahami dan mengetahui kebutuhan serta keinginan dari pelanggan. Informasi yang didapatkan tersebut membuat bisnis Sobat LinkUMKM dapat berkembang lebih baik lagi.

***

LMP/PTH

Risvico Wahyu Sukmawati

10 Oktober 2023 | 22:51:29 WIB 1 tahun lalu

Informasi yang sangat bermanfaat. Terima kasih

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x