Coba Analisis SWOT

Selasa, 3 Oktober 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Analisis SWOT (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Dalam merencanakan strategi bisnis harus dengan matang, memahami dan menganalisis masalah yang dihadapi satu per satu. Dalam merencanakan strategi ini Sobat LinkUMKM dapat memahami terlebih dahulu kelebihan, kekurangan, peluang dan ancaman yang ada di pasar. Hal ini bisa menggunakan metode analisis SWOT atau Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats dalam bisnis yang dijalankan Sobat LinkUMKM. Analisis SWOT merupakan teknik yang dipakai dalam merencanakan strategi berdasarkan keadaan di lapangan, terutama untuk bisnis. Pada analisis yang memegang peran penting adalah faktor eksternal dan faktor internal bisnis untuk menyusun rencana ide dan mencari solusi untuk masalah dengan efektif. Untuk mempelajari lebih lanjut apa itu Analisis SWOT berikut penjelasan singkat yang dilansir dari Kumparan.com:

  • Strengths (Kekuatan) merupakan hal positif yang berasal dari dalam bisnis. Dalam hal ini contohnya yaitu bisnis Sobat LinkUMKM menjual produk yang berbeda dengan pesaing lainnya, melakukan inovasi produk yang akan ditawarkan dan sumber daya manusia memiliki keterampilan tinggi yang membuat kualitas produk dan layanan jadi yang terbaik.
  • Weaknesses (Kelemahan) merupakan hal negatif yang berasal dari dalam bisnis. Bisnis pasti terdapat kelemahan yang disadari ataupun tidak, maka dari itu Sobat LinkUMKM bisa memperhatikan hal berikut seperti mengambangkan produk dan layanan bisnis agar berbeda dari pesaing terumana pesaing serupa, melakukan pengembangan SDM sesuai dengan kebutuhan saat ini agar tidak kalah dalam bersaing dan tidak lupa untuk menjalin hubungan yang baik antara supplier yang memasok bahan baku produksi.
  • Opportunities (Peluang)  merupakan faktor yang berasal dari luar bisnis yang dapat menunjang keberhasilan. Contohnya yaitu mencari potensi pada jejaring sosial dan usaha. Sobat LinkUMKM juga bisa mempelajari produk yang ditawarkan pesaing agar mengetahui kelemahan dan kelebihan dari produk tersebut kemudian dapat melakukan inovasi pada produk bisnis untuk memproduksi produk unggulan yang lebih beragam.
  • Threats (Ancaman) merupakan faktor yang berasal dari luar bisnis yang mengancam bagi produk yang akan dijual. Salah satu ancaman yaitu keberadaan pemasok untuk menjual bahan baku dengan harga tetap atau bahkan harga naik. Selain itu ancaman juga ada dalam bentuk persaingan di pasar dalam menawarkan produk kepada konsumen dan teknologi untuk produksi yang ketinggalan zaman.

Analisis SWOT bisa menjadi metode yang digunakan oleh Sobat LinkUMKM untuk tahu lebih dalam kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman untuk bisnis. Melakukan perencanaan strategi dan memecahkan masalah yang ada akan lebih mudah bila menerapkan analisis SWOT.

***

LMP/PTH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x