Tips Menemukan Target Pasar Bisnismu
Minggu, 1 Oktober 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Pada era bisnis sekarang ini, banyak sekali pesaing yang kompetitif dalam bisnis. Melakukan pemahaman yang mendalam tentang target pasar pada bisnis menjadi faktor penting bisnis untuk dapat bertahan dan berkembang. Dengan pasar yang terus berubah-ubah dan konsumen yang beragam, suatu bisnis harus memiliki wawasan serta informasi terkait siapa yang akan dijangkau serta apa kebutuhan mereka. Untuk itulah Sobat LinkUMKM harus menemukan target pasar yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan. dilansir dari Kumparan.com berikut 3 langkah menemukan target pasar dalam berbisnis:
1. Riset kebutuhan konsumen
langkah yang pertama adalah melakukan riset tentang kebutuhan apa yang sedang diperlukan pembeli. Bagi berdasarkan segmentasi seperti segmentasi psikologi, segmentasi demografi dan segmentasi geografi dalam menemukan target pasar. Segmentasi psikologi yaitu minat, gaya hidup dan tingkat pendidikan. Segmentasi demografi yaitu jenis kelamin, usia serta tingkat pendapatan dan segmentasi geografi untuk menentukan lokasi pemasaran agar tepat sesuai sasaran. Dengan membagi - bagi kebutuhan konsumen, Sobat LinkUMKM dapat mudah menemukan target pasar yang sesuai dengan produk bisnis.
2. Analisis target dan buat strategi pemasaran
Pelajari dan pahami lagi minat dan kebutuhan konsumen, kemudian lakukan analisis pada produk bisnis, apakah produk telah sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen?. Sobat LinkUMKM pelajari konsumen yang menjadi target pasar, setelah itu dapat membuat strategi yang sesuai dengan segmentasi yang telah ditentukan sebelumnya. Membuat strategi tersebut dapat dilakukan dengan cara memahami konsumen yang jadi target pasar. Sehingga nantinya Sobat LinkUMKM dapat membuat strategi yang tepat untuk melakukan pemasaran.
3. Perhatikan pendapat konsumen
Terakhir Sobat LinkUMKM harus rutin melakukan evaluasi bisnis agar strategi yang telah dilakukan berhasil atau kurang efektif. Evaluasi ini akan mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam bisnis. Cara untuk melakukan evaluasi ini dengan melakukan survei pasar tentang pendapat produk Sobat LinkUMKM oleh konsumen secara jujur.
Sobat LinkUMKM harus siap untuk terus belajar, beradaptasi dan berkembang mengikuti tren. Dengan memahami kebutuhan, minat dan keinginan dari konsumen Sobat LinkUMKM tidak banyak dapat mengidentifikasi target pasar yang tepat untuk bisnis, tetapi juga dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan konsumen secara langsung. Memahami dan terlibat dengan konsumen yang menjadi target pasar dapat membangun pelanggan sekaligus membangun komunitas yang kuat untuk perkembangan bisnis untuk kreatif dan inovatif.
***
LMP/PTH