Strategi Marketing Ampuh untuk Pemula dan Bisnis Ritel

Jumat, 19 Mei 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Bisnis RItel (Kompas.com)

LINK UMKM -  Anda sedang mengembangkan bisnis ritel tapi belum paham soal tentang strategi marketingnya? Sebenarnya, ritel merupakan nama lain dari bisnis eceran yang umumnya dijalankan langsung. Meskipun begitu, bagi pemula hal ini tentu bukan hal yang mudah, terutama bagi mereka yang baru mulai belajar.

Meski sering dipandang sebelah mata, tapi keuntungan bisnis ini terbilang besar, apalagi jika sudah punya pelanggan tetap. Dengan mengatur strategi yang tepat maka menjalankan bisnis akan lebih mudah, sebab tujuan yang akan dicapai sudah jelas. Menjalankan bisnis tentu harus diimbangi dengan strategi yang tepat, terutama bagi pemula dalam bisnis ritel. Dilansir dari Kompas.com, berikut strategi yang dapat coba diterapkan:

  1. Membangun Image

Strategi pertama yang menjadi kunci untuk memulai bisnis ini adalah dengan membangun image bisnis yang besar, baik pada diri sendiri maupun konsumen. Sebagai retailer penting untuk memberikan gambaran pada konsumen jika bisnis yang dijalankan ini sangat cocok untuk mereka.

  1. Tingkatkan Promosi Media Sosial Secara Optimal

Strategi selanjutnya ini bisa dibilang sudah banyak digunakan pelaku bisnis lainnya dalam menawarkan produknya, dan terbukti berhasil. Tentunya tidak akan ada yang tahu jika produk Anda berkualitas tanpa adanya promosi. Nah, media sosial bisa menjadi wadah yang tepat untuk melakukan langkah promosi tersebut.

  1. Tingkatkan Wawasan Bisnis

Masuk dalam dunia bisnis, Anda harus punya pengetahuan yang memadai terkait usaha yang dikembangkan. Karena tanpa itu, peluang suksesnya akan sangat minim sekali.

***

GN/LMP

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x