Ini Faktor Terbentuknya Nilai Bisnis yang Perlu Kamu Tahu

Rabu, 10 Mei 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Bisnis (Kompas.com)

LINK UMKM -  Pelaku usaha perlu untuk mengetahui nilai bisnis yang dimiliki. Ada sejumlah manfaat yang bisa didapat ketika owner mengetahui value dari usaha yang dijalankan. Salah satunya bisa menaksir kebutuhan permodalan jika pemilik ingin meningkatkan skala bisnisnya. Selain itu, dengan mengetahui nilai perusahaan, si pemilik bisa mendapatkan gambaran mengenai pendanaan yang bisa diperoleh jika suatu saat memerlukan tambahan modal.

Dilansir dari Kompas.com, berbicara mengenai nilai bisnis, ada sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap hal tersebut. Berikut adalah beberapa faktor kunci yang menentukan nilai suatu bisnis:

  1. Kinerja keuangan

Kinerja keuangan suatu bisnis sering kali menjadi salah satu indikator utama yang memengaruhi nilai bisnis sebuah usaha. Kinerja keuangan ini mencakup faktor-faktor seperti pendapatan, profitabilitas, arus kas, dan potensi pertumbuhan. Bisnis dengan kinerja keuangan yang kuat dan konsisten umumnya dianggap lebih bernilai ketimbang yang tidak.

  1. Posisi pasar

Posisi pasar suatu bisnis mengacu pada kedudukan kompetitifnya dalam industri atau pasarnya. Sebuah bisnis yang memiliki posisi pasar yang kuat, dengan basis pelanggan setia, proposisi nilai yang unik, dan keunggulan kompetitif, biasanya lebih bernilai. Beberapa faktor seperti pangsa pasar, pengenalan merek, dan loyalitas pelanggan berkontribusi terhadap posisi pasar bisnis.

  1. Kekayaan dan aset intelektual

Kekayaan intelektual, seperti paten, merek dagang, hak cipta, atau teknologi kepemilikan, dapat menambah nilai signifikan bagi bisnis. Selain itu, aset fisik seperti peralatan, real estate, kendaraan, atau inventaris berkontribusi terhadap nilai bisnis secara keseluruhan.

***

GN/LMP

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x