Tips Menjadi Pelaku Usaha Yang Menonjol Ditengah Tengah Persaingan
Sabtu, 8 Juli 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Terjun ke dunia bisnis bukan lah suatu hal yang mudah. Butuh modal usaha yang besar untuk menjalan kan nya, baik dari segi financial maupun tekat yang kuat. Jika kamu sudah berhasil mendirikan bisnis tersebut, kamu harus berusaha supaya usaha mu tetap stabil. Apalagi pasti ada persaingan antara pelaku usaha lain nya. Semakin banyak nya pesaing akan semakin sulit untuk kita mempertahankan bisnis usaha kita. Maka dari itu kita harus melakukan sesuatu agar bisnis kita bisa terlihat lebih menonjol dan tetap bertahan di antara persaingan bisnis lain nya. Berikut ini tips menjadi pelaku usaha yang menonjol di tengah – tengah persaingan yang dilansir dari Kompas.com :
1. Meningkatkan Promosi
Setelah bisnis sudah berhasil di dirikan, langkah selanjutnya adalah membuat promosi. Melakukan promosi adalah salah satu upaya kamu untuk mengembangkan bisnis kamu dengan cara yang esensial kepada konsumen/pembeli secara lebih luas. kamu harus membuat materi pemasaran yang menarik dan berbeda, serta meningkatkan frekuensi promosi untuk menjangkau lebih banyak orang. Misalnya menyebarkan brosur, memasang iklan secara online dan offline. Sebagai pemula, gunakan media sosial untuk menjalankan kampanye seefektif mungkin karena harganya lebih murah dan kamu bisa menarik lebih banyak pelanggan. Selain itu, kamu dapat menawarkan diskon menarik. Ini membuat pelanggan merasa akrab dan mulai membeli produk atau layanan kamu.
2. Mengenali Kompetitor
Selain itu, mengenali kompetitor memberikan banyak wawasan untuk pengembangan bisnis. Artinya, kamu bisa melihat nilai jual dan keunggulan dari kompetitor tersebut. Berdasarkan penilaian ini, alih-alih mengamati apa yang dilakukan pesaing kamu, kamu perlu melakukan berbagai hal untuk menarik pelanggan agar merasa bahwa produk atau layanan kamu memiliki keunggulan dibandingkan orang lain.
3. Mengembangkan Jaringan
Mengembangkan jaringan berarti memperluas jaringan pemasaran, seperti membuka jaringan pemasaran baru atau menciptakan industri baru. Jika kamu memiliki bisnis offline, kamu dapat mencoba pemasaran online dan sebaliknya. Jangan lupa bahwa perkembangan jaringan harus dibarengi dengan peningkatan produksi atau jasa. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan relasi bisnis dengan memperkenalkan banyak pihak. Maka jagalah hubungan baik dengan mereka karena mungkin suatu saat nanti kamu akan membutuhkan bantuan mereka.
4. Meningkatkan Sumberdaya
Kemudian, melakukan peningkatan sumberdaya, yaitu sumber daya produksi dan sumber daya manusia. Peningkatan sumber daya produksi dapat diwujudkan dengan memperhatikan penggunaan bahan sejak awal hingga terciptanya produk, karena semakin baik kualitas yang digunakan maka semakin baik pula hasil yang dicapai. Pada saat yang sama, departemen SDM dapat menetapkan arah yang benar atau memilih karyawan yang handal. Ketika kedua hal ini dilakukan bersamaan, pelanggan dapat puas dan kembali lagi.
5. Mengutamakan Pelayanan Kepada Pelanggan
Terakhir, melakukan pelayanan terbaik. Dengan melakukan pelayanan terbaik, kamu dapat mempertahankan pelanggan kamu untuk tetap menggunakan produk ataupun jasa kamu. Misalnya dengan menggunakan media sosial Anda bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, seperti dengan menawarkan update tentang produk atau jasa kamu. Selain itu, kamu memberikan rasa nyaman dan ramah saat kamu melayani dan menawarkan bantuan kepada pelanggan.
***
GN/LMP