Tips Jalankan Organik Marketing untuk Tingkatkan Loyalitas Konsumen
Minggu, 18 Juni 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Tentunya dalam menjalankan bisnis, sebuah perusahaan harus memiliki strategi marketing. Satu hal yang dapat kamu coba adalah organik marketing. Dilansir dari Kompas.com, organik marketing adalah pemasaran dengan biaya terendah. Strategi ini menawarkan beberapa keunggulan, seperti kemampuan untuk meningkatkan angka traffic dengan cepat untuk bisnis kamu. Selain itu, tujuan utama strategi organik marketing adalah menciptakan hubungan emosional dengan kelompok sasaran pelanggan. Maka dari itu organic marketing itu penting untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap usaha kamu. Berikut ini tips – tips untuk menjalankan organik marketing.
- Menciptakan value driven konten
Untuk menerapkan strategi organik marketing, kamu perlu memahami semua kebutuhan dan tantangan audiens target kamu. Selain itu, kamu juga perlu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan kamu. Ini penting karena dapat memberikan banyak informasi penting tentang preferensi kamu terkait pro dan kontra dari konten yang kamu berikan. Karena itu, selalu periksa keperluan dan tantangan secara berkala.
- Meluncurkan konten evergreen
Tips selanjutnya adalah menerbitkan konten evergreen. Menurut Redcoom, konten evergreen adalah konten dengan informasi tentang hal-hal yang akan selalu relevan untuk tahun-tahun mendatang. Jenis konten ini ampuh karena bisa dimaksimalkan saat dibutuhkan. Konten Evergreen juga ramah SEO, yang bermanfaat untuk kebutuhan pemasaran jangka panjang.
- Membuat konten yang mobile friendly
Tidak bisa di pungkiri bahwa hampir semua orang sudah menggunakan smartphone. Dan mereka menghabiskan waktu nya dengan smartphone mereka. Maka dari itu, kamu bisa membuat konten promosi dengan format yang sesuai dengan pengguna smartphone mereka atau bias di sebut mobile friendly.
- Memanfaatkan platform media sosial secara optimal
Yang terakhir, kamu bisa memanfaat kan platform media sosial yang ada. Media sosial bisa menjadi salah satu sarana untuk kamu melakukan bisnis dengan memperluas jejaring konsumen melalui followers. Kamu bisa melakukan interaksi dengan pelanggan meskipun berada di lokasi yang berbeda. Kamu bisa memasang iklan dengan platform media sosial yang sudah ada. Baik itu berbayar ataupun free. Kamu juga bisa membuat promo – promo menarik dan share melalui media sosial.
***
GN/LMP