Pemanfaatan Digital Marketing Untuk Pelaku UMKM

Rabu, 12 April 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Gambar Digital Marketing. (Kompas.com)

LINK UMKM -  Digital Marketing di lingkungan perusahaan menciptakan angin segar di industri, mengapa? Karena dianggap menggunakan pemasaran digital lebih sederhana, lebih murah, dan lebih berhasil. Meskipun ada kekurangan pemasaran digital, setidaknya menjadi semakin umum bagi pemilik bisnis untuk menggunakannya di saat krisis.

Untuk Sobat LinkUMKM, yuk simak terus cara pemanfaatan digital marketing untuk UMKM.

  1. Mulailah dengan menyiapkan akun Google My Business

Nama dan lokasi bisnis kecil kamu dapat dilihat online secara gratis dengan menggunakan Google My Business. Jika kamu menjual kue untuk bingkisan idul fitri, lalu kamu sudah membuat akun Google My Business, maka pelanggan dapat menemukan alamat toko kamu di halaman Google.

Mengenai barang dan jasa yang kamu tawarkan saat berbelanja, mereka juga dapat menambahkan peringkat. Pelanggan yakin bahwa toko kamu nyata berkat informasi yang diberikan oleh Google My Business.

  1. Email Marketing

Alamat email pelanggan disediakan sebagai informasi lengkap saat melakukan pembelian di website. Email dapat digunakan untuk memberi tahu penerima tentang status dan kemajuan kiriman. Untuk mengirimkan pesan secara otomatis, kamu dapat menggunakan Email Blast Service (EBS). MailChimp, GetResponse, dan Senditblue adalah beberapa contoh perangkat lunas EBS yang sering digunakan.

Selain itu, kamu dapat mengiklankan item penjualan, mendistribusikan kupon, dan bahkan mengirimkan ucapan selamat ulang tahun melalui email. Salah satu pendekatan untuk mempertahankan kontak dengan pelanggan adalah melalui pemasaran email. Ini membuat mereka merasa dihargai dan setia pada merek barang dan jasa kamu.

  1. Pembuatan Situs Web

Jika toko kamu mendapat endorsement dari KOL atau Influencer, jangan kaget jika jumlah pengikut di akun media sosialnya melonjak dan pesanan mengalir deras. Pembuatan website adalah tahap selanjutnya dalam mengembangkan perusahaan. Tidak perlu repot ketika kamu dapat mencari layanan pembuatan situs web seara online. Harga juga berbeda, jadi cukup modifikasi sesuai kebutuhan dan kemampuan kamu.

Karena website tersebut memiliki server 24 jam, pelanggan dapat bertransaksi kapan saja tanpa harus bangun tengah malam untuk memenuhi pesanan. Untuk mengirimkan barang dagangan pada hari berikutnya, yang harus kamu lakukan hanyalah meninjau riwayat pesanan. Menggunakan situs web meningkatkan citra perusahaan kamu meskipun tidak memiliki toko fisik yang cukup besar.

  1. Gunakan media sosial untuk beriklan

Facebook dan Instagram adalah dua platform media sosial yang sering digunakan saat ini untuk mengiklankan bisnis secara online. Promosi media sosial kamu dapat dengan bebas mempublikasikan teks, gambar, dan video produk di akun media sosial usaha kamu. Dengan melakukan ini, kamu dapat meyakinkan pengikut kamu untuk membeli dari toko usaha kamu dengan sering memposting ide baru.

***

GN/WW

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x