Tips Meningkatkan Penjualan Saat Bazar
Kamis, 17 Agustus 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Saat ini banyak usaha bernilai mikro serta menengah yang bermunculan dan berbagai macam cara agar meningkatkan profit omzet, sebaiknya memperhatikan diferensiasi produk. Kebanyakan dari usaha ini terdiri dari home made yang berupa santapan baik makanan, minuman serta busana ataupun mode fashion. Salah satu cara dalam mempromosikan dan menjualnya adalah memasarkan melalui bazar dan event yang membuka booth stand dalam kegiatan tersebut.
Selain mendapatkan kesempatan untuk dapat menampilkan keunggulan produk secara langsung pada calon konsumen, namun setiap bazar atau pameran memiliki karakteristik pengunjung yang berbeda. Banyaknya keuntungan yang bisa didapat dalam kegiatan bazar, tentu Sobat LinkUMKM harus tau tips untuk mendukung penjualan produk saat bazar agar lebih efektif dan maksimal yang dilansir dari Kompas.com:
- Mencari informasi mengenai bazar
Kamu dapat mencari informasi bazar atau pameran apa yang akan dilakukan dalam waktu tertentu dan berada di kota yang sekiranya bisa kamu kunjungi. Kamu dapat menggunakan internet untuk mencari tahu informasi ini atau bertanya ke pihak terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, koperasi, atau forum diskusi pelaku UMKM yang ada di kotamu.
- Menyeseuaikan tema bazar dengan produk
Dengan memperhatikan dengan baik tema apa yang diusung kali ini, kamu dapat menyesuaikan tema dengan produk yang kamu tawarkan, misalnya produk ramah lingkungan untuk tema Go Green. Hal ini dilakukan agar produk kamu sampai pada target pasar yang telah ditentukan, sehingga memperbesar pula peluang produkmu laku keras di acara tersebut.
- Aktif melakukan promosi
Dengan aktif melakukan promosi, kamu dapat memaksimalkan penjualan dan tetap menjaga hubungan baik dengan konsumen. Kamu bisa melakukan promosi dengan menyiapkan media promosi penunjang seperti kartu nama, flyer, banner dan lain sebagainya.
- Ramah terhadap konsumen
Bersikap ramah dan murah senyum akan membuat pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, sehingga dapat mendorong mereka untuk membeli produk yang kamu jual.
***
GN/LMP