Strategi Word of Mouth Kunci Sukses Pelaku Usaha Meningkatkan Penjualan

Senin, 3 April 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Word of Mouth (Google/midtrans.com)

LINK UMKM -  Strategi Word of Mouth (WOM) merupakan cara promosi yang dilakukan dengan memberikan informasi positif tentang produk atau jasa dari mulut ke mulut. Tujuan dari strategi WOM adalah membuat produk, jasa, atau brand kamu dibicarakan atau disebar luaskan kepada orang lain atau calon konsumen. 

Contoh Word of Mouth yang dilakukan pelanggan, antara lain adalah:

  1. Menyertakan nama brand kamu dalam postingan di platform media sosial.
  2. Menuliskan review atau testimoni yang positif.
  3. Memberikan rekomendasi tentang produk atau jasa kita kepada orang lain.
  4. Berbagi pengalaman positif tentang produk atau jasa kita dengan orang lain.
  5. Membagikan konten tentang produk atau jasa kita di media sosial.
  6. Mengajak teman atau keluarga untuk mencoba produk atau jasa yang kita tawarkan.

Jadi, pada dasarnya word of mouth adalah salah satu strategi marketing yang sifatnya gratis untuk suatu brand yang dilakukan secara sadar atau tidak sadar oleh para pelanggan tetapnya. Berikut ini terdapat 4 startegi word of mouth untuk pelaku usaha coba :

  1. Kamu perlu memastikan produk atau jasa yang ditawarkan berkualitas dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Hal ini akan membuat konsumen atau nasabah merasa puas dan lebih mudah untuk memberikan rekomendasi pada orang lain.
  2. Kamu dapat membuat program referal yang memberikan insentif bagi pelanggan yang berhasil mengajak orang lain untuk menggunakan produk atau jasa perusahaan. Dengan demikian, pelanggan menjadi lebih termotivasi untuk memberikan rekomendasi.
  3. Kamu bisa fokus dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan, strategi ini bisa dilakukan agar pelanggan loyal. Hubungan yang dekat antara bisnis dengan pelanggan akan membuat para pelanggan merasa lebih mudah untuk merekomendasikannya pada orang terdekatnya.
  4. Kamu bisa meminta pelanggan untuk melakukan review dan memberikan testimoni positif terhadap bisnis. Kamu dapat meminta pelanggan yang puas untuk memberikan pernyataan tertulis, atau membuat video singkat mengenai kepuasan mereka terhadap produk yang kamu tawarkan.

Dengan menggunakan strategi WOM yang efektif, Kamu dapat menarik pelanggan secara lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan iklan berbayar. Namun, perlu diingat bahwa pelayanan yang baik dan produk atau jasa yang berkualitas merupakan faktor utama dalam menarik pelanggan.

***

GN

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x