Strategi Pemasaran di Bulan Ramadhan untuk Tingkatkan Penjualan

Jumat, 10 Maret 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Berjualan di Bulan Ramadhan (Kompas.com)

LINK UMKM -  Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, sebuah moment yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia. Selain itu, Ramadhan juga menjadi momen emas bagi para pelaku usaha untuk meraup lebih banyak keuntungan. Pada bulan Ramadhan tahun 2023 ini, tentunya terdapat perbedaan dengan bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari peralihan dari masa pandemi, perbedaan gaya hidup, preferensi, dan kebutuhan yang sudah berbeda.

Lantas, bagaimana cara memaksimalkan usaha dengan memanfaatkan momen Ramadhan? Berikut ini adalah strategi pemasaran di bulan Ramadhan untuk meningkatkan penjualan yang dilansir dari Kompas.com :

  1. Menyiapkan produk dan paket spesial bulan Ramadhan

Produk spesial untuk momen spesial selalu jadi strategi marketing yang menarik dengan berlabel khusus, seperti misalnya limited edition atau special edition selalu menarik bagi masyarakat. Tak hanya itu, kamu juga dapat membuat paket spesial dari beberapa produk yang kamu tawarkan, sebagai contoh dalam industri kuliner, kamu dapat menyediakan paket spesial berbuka yang isinya terdiri dari nasi beserta lauknya, es pisang ijo, bakwan goreng, dan air mineral.

  1. Menyiapkan delivery service

Delivery service dapat memudahkan kamu dalam menjangkau calon pembeli secara luas, pasalnya pembeli cenderung malas keluar rumah ketika cuaca sedang panas-panasnya saat bulan Ramadhan, sehingga hal ini dapat menjadi kemudahan tersendiri bagi para pembeli. Namun, jangan lupa juga untuk menetapkankan tambahan biaya kirim jika menggunakan delivery service ini.

  1. Penawaran promo khusus bulan Ramadhan

Dengan memberikan penawaran yang menarik, kamu dapat menggaet lebih banyak pembeli. Siapa, sih, yang tidak tergiur dengan promo? Karenanya, coba tambahkan berbagai promo yang menarik, seperti misalnya paket bundling Ramadhan yang sudah termasuk camilan, sirup, dan buah-buahan, atau sembako hemat dengan harga diskon sebesar 15%.

  1. Memaksimalkan media sosial

Penggunaan internet dan media sosial dapat sangat berpengaruh terhadap bisnis yang kamu jalani. Kamu dapat memperkenalkan produk hingga memasarkannya melalui media sosial. Dengan mengikuti perkembangan tren juga perlu dilakukan untuk meningkatkan engagement konten bisnis milikmu di media sosial.

  1. Melakukan kolaborasi

Kamu dapat memperluas lagi bisnis yang kamu jalani dengan berkolaborasi dengan pelaku bisnis lain. Sebagai contoh jika kamu menjalankan bisnis jilbab, maka kamu dapat mengajak pelaku bisnis pakaian muslim untuk berkolaborasi, dengan menyediakan paket spesial edisi bulan Ramadhan, seperti satu set jilbab dan pakaian khusus Ramadhan.

***

GN/LMP

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x