Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan
Senin, 27 Maret 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Dalam dunia bisnis, menjalin hubungan baik dengan pelanggan adalah suatu hal yang sangat penting. Pelanggan yang puas dengan produk atau layanan yang diberikan oleh suatu perusahaan cenderung akan kembali membeli produk atau menggunakan layanan dari perusahaan tersebut dan bahkan dapat merekomendasikan perusahaan tersebut kepada orang lain. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan berbagai upaya untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan.
Pertama perusahaan harus selalu memberikan produk atau layanan yang berkualitas tinggi kepada pelanggan. Pelanggan akan merasa senang dan puas jika produk atau layanan yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan dan harapan mereka. Oleh karena itu, perusahaan harus terus melakukan inovasi dan perbaikan produk atau layanan yang diberikan agar selalu dapat memberikan yang terbaik kepada pelanggan.
Selain itu, perusahaan juga harus memperhatikan layanan purna jual kepada pelanggan. Pelanggan akan merasa senang dan dihargai jika perusahaan memberikan layanan purna jual yang baik, seperti memberikan garansi produk, memperbaiki produk yang rusak, dan memberikan dukungan teknis jika diperlukan. Dengan memberikan layanan purna jual yang baik, perusahaan dapat menunjukkan bahwa mereka peduli dan menghargai pelanggan mereka.
Selanjutnya, perusahaan juga harus selalu mengkomunikasikan dengan pelanggan secara baik dan jelas. Komunikasi yang baik dapat membantu perusahaan memahami kebutuhan dan harapan pelanggan. Selain itu, perusahaan juga harus selalu memberikan informasi yang akurat dan transparan kepada pelanggan tentang produk atau layanan yang diberikan, termasuk harga, fitur, dan kebijakan pengembalian.
Melansir dari Kompas.com berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam membangun hubungan baik dengan pelanggan:
1. Kumpulkan data pelanggan
Mengumpulkan data pelanggan seperti nama, nomor telepon, sosial media, dan email dapat memudahkan kamu nantinya ketika suatu hari kamu perlu menghubungi mereka. Data ini dapat kamu kumpulkan dengan cara meminta pelanggan mengisi formulir yang disediakan, baik itu online maupun offline.
2. Lakukan Survey
Setelah mendapatkan data, kamu dapat mengirimkan kuesioner kepada pelanggan mengenai bisnis yang kamu jalankan. Sebagai contoh kamu menjalankan bisnis bakery, maka di dalam kuesioner kamu dapat mencantumkan pertanyaan, seperti apa yang mereka sukai, bagaimana rasa produk yang ditawarkan, apa kelebihan dan kekurangannya, apakah pelanggan sudah merasa puas dengan pelayanan dan produk yang ditawarkan, bagaimana saran dan kritik untuk bisnismu selanjutnya. Dengan cara ini kamu dapat terus meningkatkan bisnis dengan melakukan perkembangan bahkan inovasi untuk memenuhi permintaan pelanggan.
3. Melayani keluhan dari pelanggan
Ketika mendapatkan feedback negatif, kamu harus menanggapinya secara tenang dan positif. Hal ini akan menunjukkan image yang baik kepada pelanggan. Hindari memberikan tanggapan yang negatif bahkan bersikap acuh tak acuh. Pelanggan pasti akan merasa senang ketika didengarkan keluhannya.
4. Tepati janji
Hal ini biasanya terjadi ketika melakukan sebuah promosi, misalnya kecepatan pengiriman atau pemberian produk lain sebagai bonus. Ketika melakukan hal tersebut, kamu harus membuktikannya kepada pelanggan sehingga pelanggan percaya terhadap bisnismu.
5. Kenali secara personal
Agar suasana dengan pelanggan tidak terlalu formal atau kaku, kamu dapat berusaha untuk mengenal pelanggan dengan lebih personal. Luangkan lah waktu untuk mengajak pelanggan mengobrol, seperti bertanya produk mana yang paling disukainya atau kah ada masukan dari pelanggan tersebut.
6. Buat acara khusus
Pelanggan terutama yang loyal pasti akan merasa senang ketika keberadaannya dianggap dan diakui. Oleh karena itu mengadakan sebuah acara yang melibatkan mereka di dalamnya dirasa sebagai salah satu langkah yang cocok untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan. Tunjukkan apresiasi terhadap pelanggan atas loyalitas yang mereka berikan.
7. Beri reward untuk pelanggan yang loyal
Kamu dapat terus menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan secara berkelanjutan dengan memberikan mereka reward. Kamu dapat memberikan penawaran khusus atau hadiah gratis kepada para pelanggan loyal. Hal ini akan memberikan dampak yang positif bagi bisnismu, salah satunya repeat order yang dilakukan oleh pelanggan.
***
GN/FF