5 Tips Menentukan Target Market yang Sesuai dengan Bisnis
Rabu, 15 Maret 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Salah satu kunci keberhasilan bisnis adalah menentukan strategi pemasaran yang tepat. Namun, hal itu harus dimulai dengan mengetahui target pasar dengan baik. Target market sebagai tujuan utama konsumen yang ingin dituju untuk pemasaran produk bisnis. Target ini ditentukan berdasarkan spesifikasi dari produk tersebut, supaya pemasarannya tepat. Jika pemasaran tepat, maka tingkat penjualan akan ikut meningkat. Dilansir dari Kompas.com ketika kamu membangun sebuah brand dan ingin mempromosikan brand, tentu kamu harus mengetahui dengan pasti siapa target market kamu. Dengan mengetahui target pasar, kamu bisa memilih pesan-pesan yang paling relevan untuk mereka, dan mempresentasikan pesan dengan cara yang mereka pahami.
Dengan mengetahui cara menentukan target pasar yang tepat, kamu bisa membuat strategi pemasaran yang tepat sasaran sekaligus mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Kamu pun dapat dengan mudah menentukan produk mana yang cocok untuk calon pelanggan, layanan seperti apa yang mereka butuhkan, serta harga produk yang sesuai. Berikut ini terdapat 5 tips menentukan target market sesuai dengan bisnis sobat LinkUMKM:
- Mengetahui konsumen yang akan dituju
Kamu harus mengetahui terlebih dahulu identitas yang akan menjadi targetmarket kamu. Misalnya berapa usia target rata-rata, jenis kelamin, status ekonomi yang nantinya akan berpengaruh pada daya belinya, dan juga latar belakang sosial budaya. Hal ini berkaitan dengan barang dan jasa apa yang akan kamu jual.
- Memahami kebutuhan konsumen
Sebagai pemilik bisnis, kamu juga perlu mengetahui kebutuhan konsumen yang paling utama saat ini. Setelah itu, pahami dengan baik produk apa yang sangat dibutuhkan oleh mereka. Kemudian, kamu dapat menciptakan produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan begitu, produk yang kamu jual akan banyak diminati oleh pasar dan angka penjualan pun mengalami peningkatan.
- Menganalisis dan Menilai Target di Pasaran
Kamu harus menganalisis dan menilai target di pasaran dengan teliti dan mendetail dengan memulai tahapan dari menentukan calon konsumen atau golongan masyarakat, memahami kebutuhan target pasar, lalu terakhir menilai target pasar di masyarakat.
- Menentukan strategi pemasaran
Kamu bisa menentukan strategi yang sesuai dengan segmentasi pasar sesuai dengan usaha kamu. Cara untuk bisa mengetahui strategi seperti apa yang tepat adalah dengan memahami dengan baik calon konsumen yang akan menjadi target kamu. Sehingga, kamu akan mampu memilih strategi dengan tepat dan mengetahui lokasi seharusnya melakukan promosi pasar untuk menentukan target pasar yang sudah ditentukan.
- Mengevaluasi Opini Konsumen
Cara terakhir yaitu evaluasi yang bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan. Evaluasi yang baik apabila target dan startegi yang diterapkan sudah sesuai dengan segmentasi supaya dapat mencapai tujuan dan laku di pasaran. Tak hanya itu, proses evaluasi juga berfungsi untuk mengetahui kekurangan yang mungkin terdapat pada bisnis. Apabila semua tahapan tersebut telah kamu lakukan dengan baik, kamu pun dapat memperbaiki kualitas produk hingga menjadikannya produk yang disukai konsumen. Lalu pada hasilnya, bisnis kamu akan mengalami perkembangan yang signifikan.
***
GN/LMP