Langkah Penting Untuk Tingkatkan Daya Saing Bisnis Kuliner
Senin, 6 Maret 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pelaku UMKM adalah meningkatkan daya saing. Hal tersebut berlaku terutama yang berbisnis di bidang yang sedang tren, misalnya kuliner. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan strategi yang tepat, agar dapat menumbuhkan citra dari produk untuk mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.
Lalu apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mampu bersaing dengan kompetitor? Simak artikel yang dilansir yang dilansir dari kompas.com berikut ini!
- Inovasi Produk
Disaat Anda menjual suatu produk makanan atau minuman, bisa saja diluar sana terdapat banyak penjual yang menjual produk yang sama. Maka dari itu, Anda harus melakukan riset,observasi, dan membuat inovasi produk sebelum Anda menjual di pasaran.
- Memasarkan Produk Dengan Kreatif dan Unik
Untuk meningkatkan daya saing tentunya Anda harus memasarkan produk tersebut kepada konsumen. Anda dapat menggunakan platform digital untuk mengikuti perkembangan tren dan memperluas pembelian konsumen. Pada saat ini, sudah terdapat banyak platform digital yang dapat membantu Anda untuk memasarkan produk. Misalnya, Anda dapat memasarkan produk Anda menggunakan fitur live pada media sosial, dan tombol belanja pada konten media sosial milik Anda.
Anda dapat memanfaatkan fitur tersebut dengan maksimal, untuk mempermudah konsumen dalam melakukan pembelian pada produk Anda dan meningkatkan citra pada brand Anda.
- Memanfaatkan Digital Marketing
Saat ini, digital marketing merupakan hal yang penting dalam membangun awareness konsumen terhadap produk Anda. Anda dapat memaksimalkan pemasaran hingga promosi produk melalui platform digital melalui konten-konten menarik dan juga iklan.
Dengan konten menarik dan pemasaran yang baik di platform digital, secara tidak langsung Anda dapat membentuk keinginan calon pembeli untuk melakukan pembelian pada priduk Anda. Tunjukkan visual yang dapat membuat calon pembeli tertarik untuk membeli produk Anda.
***
GN/BS