Apa itu Brand Activation dan Manfaatnya
Minggu, 26 Februari 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Dasarnya, brand activation adalah kegiatan promosi yang dilakukan suatu brand yang dilakukan dengan suatu pengalaman nyata. Tujuannya adalah untuk membuat pelanggan lebih dekat dengan brand tersebut.
Lalu apa itu brand activation sebenarnya? dan apa saja manfaatnya? Mari simak artikel yang dilansir dari Glints berikut ini!
Apa itu Brand Activation
Brand Activation adalah sebuah kegiatan yang mengarahkan tindakan konsumen melalui sebuah interaksi brand. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa brand activation adalah kegiatan dan interaksi yang dilakukan suatu brand kepada customernya untuk meningkatkan ketertarikan mereka pada brand tersebut.
Brand activation dilakukan untuk meningkatkan koneksi antara brand dengan customernya. Sesuai namanya, brand activation harus mampu “mengaktifkan” brand dalam pikiran setiap pelanggan.
Kesan yang dibentuk brand tersebut juga harus kuat dan membuktikan bahwa janji yang disebut dalam iklan mereka itu benar.
Brand activation adalah kegiatan yang memiliki jangka pendek dan jangka panjang. Secara jangka pendek, brand activation diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan. Namun lebih dari itu, brand activation diharapkan dapat meningkatkan brand awareness, brand switching, dan brand loyalty secara jangka panjang.
Manfaat Brand Activation
- Mendapat Feedback
Hal yang menarik dari brand activation adalah karena sering dilakukan secara dua arah antara brand dengan pelanggan.
- Memperkuat Posisi Brand
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, brand activation berguna untuk meningkatkan brand awareness, brand switching, dan brand loyalty.
Dengan meningkatnya tiga unsur ini, maka posisi brand Anda di pasar otomatis akan lebih kuat.
- Menjangkau Pelanggan Baru
Selain meningkatkan awareness dan engagement dari pelanggan yang sudah ada, brand activation juga dapat membantumu meraih pelanggan yang baru.
Mereka akan sadar dengan kehadiran dan keunggulan brand Anda dan memutuskan untuk menjadi pelanggan.
***
GN/BS