4 Kiat Sukses Jualan di E Commerce

Selasa, 28 Februari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Jualan di E-Commerce (Kompas.com)

LINK UMKM -  Perkembangan E-commerce mungkin dapat membuat calon pengusaha, khususnya mereka yang belum akrab dengan konsep belanja digital. Di era digital ini sudah semakin banyak penjual yang memperluas target pasarnya lewat bisnis E-commerce. Dengan adanya E-commerce dapat membantu pelaku usaha menjangkau orang sebanyak-banyaknya, tak hanya terbatas di satu wilayah, tapi di berbagai wilayah hingga lintas negara. Selain itu juga tak terbatas waktu. Baik pengusaha kecil, pengusaha startup maupun perusahaan besar, semua membuka jalur penjualan produknya lewat E-commerce dengan tujuan menjangkau pasar yang lebih luas.

Berbeda dengan toko fisik yang menerapkan jam buka tutup, kebanyakan pelaku usaha di E-commerce bisa menerima order selama 24 jam tanpa henti. Tren penjualan di E-commerce ini terus berlanjut hingga sekarang. Namun demikian, berjualan di E-commerce bukan tanpa tantangan. Persaingan di E-commerce terbilang ketat. Tapi jangan khawatir, ada tiga langkah untuk membantu bisnis kamu sukses berjualan di E-commerce, sebagai berikut:

  1. Manfaatkan media sosial untuk membangun citra merek (Branding)

Media sosial adalah platform yang menguntungkan bagi penjual untuk membangun citra merek dan produk. Media sosial memungkinkan pemilik bisnis untuk menjangkau hingga jutaan pelanggan dan membantu membangun basis pengikut setia di saat yang bersamaan. Kunci keberhasilan di media sosial adalah menjadikannya sebagai pendorong kunjungan ke toko daring dengan menyampaikan konten yang menarik dan melibatkan pelanggan.

  1. Manfaatkan kampanye promo belanja untuk dorong penjualan 

Kampanye promo belanja di tanggal kembar adalah momen penting untuk bisnis e-commerce. Program ini diciptakan untuk mendorong penjualan, meningkatkan pendapatan bagi pengusaha, dan menawarkan akses bagi pelanggan terhadap berbagai produk dan promo belanja.

  1. Menggunakan fitur live streaming untuk mengedukasi konsumen mengenai produk

Fitur live streaming dapat menjadi sebuah alat pemasaran yang efektif untuk menjangkau penonton secara instan. Hanya dalam beberapa menit, penjual dapat menarik perhatian penonton dengan membagikan informasi yang menarik dan menghibur mengenai produknya, memberikan sebuah pengalaman bagi penonton layaknya berada dalam sebuah toko fisik.

  1. Menggunaka Newsletter

Newsletter mungkin terkesan kuno dan sangat mengganggu, tetapi penyusunan newsletter yang tepat bisa memberikan kesan yang baik bagi pembeli. Sehingga pembeli akhirnya tertarik kepada produk dan memutuskan untuk membeli produk. Pastikan Anda menyusun newsletter secara menarik.

***

GN/LMP

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x