Pentingnya Melakukan Kolaborasi untuk Pelaku UMKM
Kamis, 23 Februari 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Jumlah UMKM di Indonesia semakin bertambah, hal ini sudah menjadi keharusan bagi pemilik yang harus berpikir dengan baik dalam mengeksekusi strategi pemasaran.
Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya terdapat beberapa cara, salah satunya melakukan kolaborasi bisnis. Strategi ini menjadi salah satu strategi yang sering kali digunakan bahkan pada perusahaan atau bisnis dalam skala besar.
Meski terlihat cukup menjanjikan, pelaku usaha juga perlu mempertimbangkan beberapa hal apabila ingin melakukan kolaborasi bisnis mengingat strategi ini wajib memberikan win win solution atau manfaat yang sama di kedua belah pihak, sehingga masing-masing pihak tidak ada yang dirugikan karena terdapat kesepakatan bersama.
- Memanfaatkan media sosial
Sosial media dapat menjadi salah satu cara dalam meningkatkan usaha yang sedang berjalan. Sebagai contoh, UMKM di sektor manapun melakukan kolaborasi dengan salah satu partner yang aktif di media social dalam memberikan konten yang menarik. UMKM pun dapat melakukan kolaborasi dengan seorang reviewer. Seperti yang kita ketahui, bahwa masyarakat cenderung lebih tertarik melihat konten-konten review terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu.
- Memilih partner kolaborasi yang kredibel
Sangat penting bagi pelaku usaha dalam memlih partner yang sesuai dengan identitas produk bagi pelaku UMKM. Sebagai contoh, UMKM yang menjual produk kecantikan, akan lebih baik jika berkolaborasi dengan seseorang yang memang ahli di bidangnya, seperti influencer atau konten creator yang memang benar-benar mengerti dunia kecantikan.
- Pilih dan ciptakan waktu yang tepat
Waktu merupakan salah satu poin penting jika ingin melakukan kolaborasi. Sebagai contoh, UMKM sektor makanan dan minuman melakukan kolaborasi dengan membuat menu paket seperti bingkisan atau hampers pada saat hari-hari perayaan besar seperti natal atau idul fitri. Contoh lainnya, UMKM dalam sektor manapun berkolaborasi dengan salah satu pembayaran digital dengan memberikan cashback apabila pembayaran menggunakan sistem pembayaran e-wallet.
***
GN/WW