Pengaruh Viral Marketing Produk terhadap Minat Beli Konsumen di Online Shop

Selasa, 7 Februari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Marketing Produk (freepik/tirachardz)

LINK UMKM -  Kemajuan era globalisasi dalam dunia teknologi, sangatlah berdampak pada aktivitas manusia. Di zaman yang sudah serba digital ini, dengan mudahnya seseorang dapat mencari informasi dengan cepat melalui digital. Adanya teknologi internet yang terus berkembang, kini tidak hanya digunakan sebagai sarana hiburan atau alat komunikasi saja, namun teknologi tersebut kini juga digunakan sebagai sarana bisnis terutama dalam pemasaran suatu produk. Pemasaran produk yang dapat dilakukan melalui media sosial, dapat memudahkan pengusaha online shop dalam menjangkau pemasaran dengan lebih luas secara efektif dan efisien. Hingga pemasaran dan promosi produk secara online lebih diminati untuk dilakukan dalam pemasaran dan sarana jual belinya.

Perubahan era digital yang berkembang dengan pesat, hingga terjadi perubahan kegiatan pada konsumen, tentunya membuat perusahan sebagai penyedia kebutuhan konsumen juga ikut berubah dalam hal mempromosikan produknya.

Semakin maraknya pengusaha yang melakukan penjualan dalam online shop dan strategi promosi yang semakin beragam ini, tentunya menimbulkan terjadinya persaingan usaha antar pengusaha online shop. Salah satu diantara strategi marketing yang dilakukan ialah dengan memanfaatkan viral marketing untuk menawarkan dan menjual produknya. Viral marketing merupakan suatu usaha dalam melakukan promosi yang dilakukan dengan menggunakan berita dari mulut kemulut dan dengan membuat video review yang dilakukan oleh para pengguna platform online dalam mempromosikan produk tersebut, hingga dapat menarik minat konsumen yang telah terus-menerus melihat review dari produk dan memiliki rasa penasaran serta percaya terhadap produk yang dipromosikan, hingga akhirnya konsumen tertarik untuk membeli.

Dalam memenuhi kebutuhannya, konsumen membutuhkan produk berupa barang atau jasa yang dapat memenuhi dan sesuai dengan kebutuhannya dengan melakukan proses pembelian. Hal tersebut juga tentunya dilakukan dengan adanya rasa percaya oleh konsumen pada produk yang akan dibelinya. Kepercayaan merupakan sebuah istilah yang dapat memunculkan keinginan seseorang untuk bertopang pada orang lain yang dimana kita akan memiliki keyakinan padanya. Dengan menciptakan rasa kepercayaan pada konsumen maka juga akan dapat meningkatkan minat beli konsumen.

Strategi pemasaran viral marketing yang menimbulkan rasa percaya terhadap produk kemudian akan menciptakan minat beli terhadap produk oleh konsumen, saat konsumen telah merasa percaya dan nyaman dengan produk tersebut, maka konsumen tidak akan merasa takut untuk melakukan pembelian dan minat beli konsumen tersebut akan semakin tinggi. Oleh karena itulah, penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dalam staregi viral marketing untuk meningkatkan minat beli konsumen.

Dilansir dari kompasiana.com, dampak viral marketing terhadap kepercayaan pelanggan dan keputusan pembelian konsumen, yaitu :

  • Dampak signifikan pada Viral Marketing terbukti memiliki pengaruh pada minat beli pada konsumen, yang mana artinya marketing memiliki nilai dan berdampak pada kepercayaan pelanggan.
  • Viral marketing juga terbukti memiliki dampak signifikan terhadap pembelian atau minat beli konsumen. Hal ini berarti kinerja pada Viral Marketing telah terbukti mampu membantu konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.

Dari simpulan yang telah diambil, hal ini dapat dijadikan acuan. Jika viral marketing tentu memiliki peranan dan dampak yang signifikan terhadap minat beli produk pada konsumen.

***

GN/MRA

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x