Tips Ampuh Menyusun Strategi Public Relations
Jumat, 27 Januari 2023 | 00:00 WIB
LINK UMKM - Public relation adalah cara yang baik untuk membangun citra suatu perusahaan. Public relations juga selalu layak diterapkan karena memberikan banyak manfaat, sekalipun perusahaan tersebut sudah matang.
Dilansir dari kumparan.com Salah satu hal yang membuat Public relations itu penting adalah karena mereka memiliki peranan yang penting untuk meningkatkan kesadaran akan merek perusahaan.
Dengan tujuan ini, perusahaan tidak hanya mengungguli kompetitor di pasar, tapi juga secara tidak langsung mengikat pembeli. Apa saja tips untuk membuat strategi public relations yang efektif? Mari simak artikel yang dilansir dari Glints berikut ini!
- Gunakan Strategi Storytelling
Konsumen lebih suka iklan yang berbentuk storytelling (ini juga berlaku untuk public relations), karena dapat membentuk hubungan emosional dengan audiens.
Saat membuat strategi public relations dan menyusun kampanye, selalu gunakan manusia sebagai subjek utama. Dengan menggunakan metode ini, audiens akan merasakan hubungan emosional yang pada akhirnya akan membuat mereka memutuskan untuk membeli.
- Bekerjasama dengan Influencer
Influencer adalah salah satu strategi dalam komunikasi dengan pertumbuhan tercepat dalam beberapa tahun terakhir. Adanya influencer membantu perusahaan menjangkau audiens dan mengekspos lebih banyak ketimbang periklanan secara tradisional. Meski demikian, ada beberapa hal yang harus dipikirkan soal influencer.
Alih-alih bekerja dengan influencer dalam waktu kampanye yang singkat, coba fokus untuk menciptakan kerja sama jangka panjang karena tren sekarang dipengaruhi oleh influencer.
- Gunakan Email Sebagai Saluran Utama
Beberapa perusahaan memilih untuk mengabaikan email dan memilih fokus di sosial media. Pendapat tersebut tidak salah, tapi coba simak salah satu riset yang mengatakan bahwa 80% strategi public relations yang menggunakan email lebih berhasil. Untuk membuat email berhasil, gunakan beberapa metode di berikut ini. Pertama, gunakan elemen personalisasi untuk membuat koneksi dengan audiens.
Lalu, buat isi yang menarik dan kontekstual. Terakhir, gunakan subjek email untuk menarik untuk menarik perhatian audiens.
- Buat Pemasaran Melalui Konten
Pemasaran lewat konten adalah bagian penting dari strategi public relations agar dapat efektif. Konten membantu perusahaan mempengaruhi atau menciptakan reputasi agar dapat dilihat secara positif oleh audiens. Dengan adanya konten, audiens akan menempatkan perusahaan di top of mind-nya. Mereka tidak hanya akan terus melihat konten dari perusahaan tersebut, tapi bisa jadi juga akan merekomendasikannya ke orang lain.
***
GN/BS