Strategi untuk Tingkatkan Word of Mouth Marketing
Kamis, 26 Januari 2023 | 00:00 WIB
LINK UMKM - Word of mouth marketing menjadi strategi pemasaran yang sulit dikontrol secara langsung, karena dilakukan secara alami. Pada dasarnya, word of mouth adalah strategi pemasaran gratis bagi suatu brand yang dilakukan oleh pelanggan setianya. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa berbuat apa-apa untuk menerapkan word of mouth. Berikut ini adalah tips-tips yang dilansir dari kumparan.com dan dapat Anda terapkan agar para konsumen puas dan Anda dapat memanfaatkan strategi word of mouth secara optimal.
- Prioritaskan kualitas produk atau layanan
Word of mouth tidak akan dapat berjalan jika produk atau jasa yang Anda jual tidak memiliki kualitas yang bagus. Kualitas yang dimaksud juga termasuk tampilan luar barang yang dijual, sebab kesan pertama adalah segalanya dalam menjalankan bisnis yang sukses. Hal tersebut yang membuat seseorang merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.
Anda dapat mempersiapkan segala detail operasional dengan matang. Pastikan bahan-bahan produksi yang digunakan memiliki kualitas yang baik, terutama jika Anda bergerak dibidang kuliner. Fokus untuk menghadirkan produk atau jasa dengan kualitas terbaik, imbangi juga dengan layanan yang sama baiknya.
- Buat Program Referral
Tidak semua pelanggan yang puas dengan produk dan layanan Anda akan mau merekomendasikan bisnis Anda ke orang terdekat mereka. Anda harus paham bahwa setiap orang memiliki kegiatan atau kesibukan masing-masing, mereka juga tidak merasa diuntungkan bila merekomendasikan bisnis Anda. Salah satu cara untuk menerapkan word of mouth secara efektif adalah dengan membuat program referral.
Program referral ini menghadiahkan pelanggan dengan potongan harga atau voucher setiap kali mereka membagikan kode kepada orang lain. Kode ini bisa dipakai oleh pelanggan baru saat mereka pertama kali melakukan transaksi dengan bisnis Anda untuk bisa mendapatkan potongan harga spesial. Dengan begitu, bisnis Anda semakin dikenal, pelanggan pun merasa diuntungkan dengan potongan harga yang didapatkan.
Selain program referral, Anda juga bisa meminta para pelanggan untuk memberikan ulasan serta rating yang baik. Tidak ada salahnya untuk dicoba, bila pelanggan memang puas dengan produk yang dibeli, pastinya mereka mau meluangkan sedikit waktu untuk sekadar memberikan rating dan ulasan produk.
Cara lainnya adalah dengan membagikan kartu nama yang mencantumkan nomor, alamat, dan website supaya pelanggan bisa dengan mudah menjangkau bisnis Anda. Kartu nama ini akan memudahkan mereka untuk merekomendasikan bisnis Anda ke orang lain.
- Gunakan Jasa Influencer
Influencer memiliki platform yang lebih besar serta jumlah pengikut yang banyak. Cukup melakukan satu ulasan produk atau jasa, sudah dapat melakukan word of mouth dengan sukses ke ratusan hingga ribuan orang.
Anda dapat menggunakan jasa influencer dengan mengirimkan produk Anda secara gratis ke influencer pilihan Anda. Pastikan bahwa influencer ini sesuai dengan target pasar yang sesuai dengan produk Anda.
- Gunakan media komunikasi yang mudah
Pernahkah Anda berpikir bagaimana cara terbaik bagi pelanggan untuk berkomunikasi dengan Anda? Ini merupakan hal yang harus Anda siapkan, yakni media komunikasi terbaik yang bisa digunakan oleh pelanggan untuk mengajukan kritik, saran, atau keluhan.
Anda bisa menggunakan website atau akun social media sebagai platform komunikasi dengan pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan opini berharga yang juga berguna untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan dari bisnis Anda. Selain itu, pelanggan juga semakin nyaman dan puas dengan layanan konsumen yang Anda terapkan.
Libatkan juga pelanggan dalam aktivitas sosial media Anda. Ajak mereka untuk berinteraksi dalam setiap foto atau video yang Anda unggah. Exposure dari merek dagang Anda akan semakin meluas, sekaligus juga mempererat hubungan antara pelanggan dengan bisnis Anda.
- Tunjukkan fungsi utama produk
Anda harus menunjukkan bahwa produk atau jasa yang Anda jual ini memiliki fungsi yang mampu mengatasi permasalah yang dialami pelanggan dalam promosi word of mouth. Maksudnya adalah dengan menunjukkan bagaimana produk atau jasa Anda bisa dijadikan solusi optimal.
Ambil contoh produk skincare yang berkhasiat menyembuhkan jerawat. Maka, Anda harus mampu menunjukkan foto-foto atau bukti bahwa produk yang Anda jual ini secara efektif menyembuhkan jerawat membandel.
Dengan begitu, semakin banyak orang yang tertarik untuk mencoba. Ketika mereka merasa puas dengan hasilnya, mereka akan terdorong untuk merekomendasikan produk ini ke orang lain menggunakan foto yang Anda sebarkan tadi.
***
GN/BS