Foto Produk UMKM yang Menarik Calon Konsumen

Kamis, 26 Januari 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi foto produk (Freepik)

LINK UMKM -  Apa yang membuat Sobat LinkUMKM tertarik melihat iklan promosi sebuah produk? Seringkali, kita akan jauh lebih cepat tertarik dengan tampilan visualnya dibandingkan kata-kata atau jargon yang tercantum. Hal ini terjadi, karena otak manusia memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada teks.

         Dalam menjalani UMKM Go Online, Sobat LinkUMKM akan menghadapi banyak hal yang berubah, mulai dari teknik pemasaran, strategi bisnis, produksi, hingga packaging. Selain itu terdapat satu hal yang penting dari UMKM Go Online yaitu cara Anda memotret produk yang akan dijual. Anda harus memahami bagaimana cara memotret produk yang mengundang perhatian calon konsumen.

         Dilansir dari kumparan.com Foto merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh calon pelanggan, sebelum deskripsi dan harga produk. Oleh karena itu, Sobat LinkUMKM harus bisa mendapatkan foto produk yang semenarik mungkin. Bukan hanya membandingkan harga para calon pembeli juga melihat review dan membandingkan foto produk. Bagi calon pembeli, melihat foto produk dengan teliti sebenarnya menjadi hal yang wajar, karena mereka tidak dapat melihat produk secara langsung. Oleh sebab itu produk mempunyai peran penting yang akan mempengaruhi minat beli para konsumen.

         Berikut beberapa tips agar foto produk memberikan kesan yang berkualitas dan bisa menarik perhatian konsumen dari artikel yang telah dirangkum oleh LinkUKMM berikut ini:

  • Mengatur Background

Pemilihan warna background yang tepat, dapat membuat pembeli jadi fokus ke produk dan memudahkan proses editing. Seperti menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dan mengubah warna background. Sebaiknya menggunakan background foto polos dan berwarna netral seperti putih, seperti menggunakan kertas HVS atau karton putih yang ditempelkan pada meja atau dinding.

  • Mengatur Posisi Produk

Penataan produk memang terlihat mudah, namun nyatanya tidak semudah itu. Produk akan difoto harus memiliki pencahayaan, posisis dan sudut pandang gambar yang tepat agar foto yang dihasilkan bisa terlihat fokus dan detail.

  • Menentukan Tema Foto

Tema foto produk menjadi hal yang krusial dalam mengambil foto yang baik. Menentukan tema foto berfungsi memberikan nilai unik kepada produk. Sebagai contoh, produk yang digunakan sebagai objek foto adalah sepatu olahraga. Tema yang digunakan bisa menggunakan konsep orang yang sedang berlari memakai sepatu tersebut, kemudian memberikan kesan apakah foto tersebut ingin terlihat elegan, sporty atau lainnya.

  • Kunci Utama Adalah Kamera

Semakin canggih spesifikasi kamera semakin bagus juga hasilnya. ISO tinggi, autofocus cepat, dan sensor gambar baik adalah keunggulan dari kamera DSLR. Namun Sobat LinkUMKM jangan sedih, banyak juga foto produk yang keren hasil dari kamera ponsel.

  • Lakukan Editing

Proses ini sangat bermanfaat untuk memberikan efek sempurna pada foto-foto produkmu. Misalnya mencerahkannya, memberikan kontras, dan lain sebagainya. Namun jangan berlebihan ya. Apalagi sampai mengubah jauh dari foto asli produknya.

***

GN/FF

Bara Mega Rulianto

28 Januari 2023 | 18:33:24 WIB 1 tahun lalu

Perlu diadakan pelatihan nih... Tidak hanya sekedar teori saja.... Bila ada pelatihannya saya mau ikut.,. Terima kasih

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x