Membangun Hubungan dengan Customer seperti ke Pasangan
Rabu, 18 Januari 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Strategi pemasaran yang baik tidak hanya tentag pertumbuhan, penjualan dan keuntugan. Dalam strategi pemasaran, juga melibatkan pelanggan yang dengan terampil meniciptakan nilai bagi mereka. Dilansir dari kompas.com, dalam hal perencanaan yang strategis kedua belah pihak harus memiliki kecoocokan antara tujuan, kemampuan dan peluang pemasarannya. Untuk menjadikan strategi yang baik dengan hubungan pelanggan terdapat 5 langkah yang ada, untuk lebih jelasnya akan dibahas dibawah ini:
1. Rencana strategis dengan menentukan peran pemasaran
Pemasaran memastikan mengirim penawaran yang menarik dan membedakan promosi sesuai target. Maka dari itu perusahaan membuat perencanaan sebelum mengambil tindakan dengan antisipasi pengambilan keputusan. Secara konsep dapat disimpukan strategi perusahaan merupakan campuran dari strategi militer dan penelitian masa depan.
2. Memberi Hadiah Spesial
Dalam hal ini pihak yang membutuhkan harus memiliki effort yang lebih seperti pemberian hadiah saat moment tertentu. Dengan begitu dapat meningkatkan hubungan yang loyal seperti saling membutuhkan satu sama lain tidak hanya satu arah. Dalam strategi ini dapat dicontohkan beberapa bank memberi hadiah kepada nasabahnya seperti kartu ucapan dan memberi voucher belanja dengan menggunakan kartu kredit yang dia gunakan.
3. Terhubung dengan pelanggan
Dalam jaman sekarang menjalin hubungan sangan mudah, kalian dapat berhubungan secara online dengan orang lain yang lintas kota hingga lintas Negara. Hubungan ini dapat kalian lakukan dimanapun dan kapanpun. Kalian dapat membuat media sosail yang interaktif seperti selalu membuat konten agar konsumen tetap mengenal produk kalian. Ini juga dapat menjadikan media sosial potofolio bisnis kalian
4. Meningkatkan Brand Awarness
Brand awareness merupakan kemampuan merek yang selalu melekat dalam pikiran konsumen jika sedang memikirkan produk tertenu. Contohnya ketika kalian menginginkan minum air mineral yang muncul di benak kalian adalah minuman bermerek A*u*. Dari cara pandang konsumen suatu bran memiliki ekuitas hingga konsumen menyadari keberandan merek tersebut. Cara meningkatkannya yaitu dengan, memperkenalkan ke konsumen atas merek tersebut dengan mendukung campaign tertenu dan membuat konsep yang unik agar dapat diingat terus oleh konsumen.
5. Meningkatkan komunikasi dari waktu ke waktu
Maksud dari meningkatkan dari waktu ke waktu yaitu meningkatkan hubungan dari waku ke waktu dengan komunikasi yang baik. Disini kalian perlu mengenalu konsep dari CRM (Customer relationship Management). CRM mengetahui cara konsisten mengembangkan hubungan perancangan produk dan jasa yang dikomunikasikan secara interakif dalam mengembangnkan hubungan jangka panjang secara berkesinambungan dan saling menguntungan (Muchtar Ahmad, 2013). Pendekatan pemasaran secara individual juga menunjukan pemenuhan kebutuhan yang dimilki pelanggan.
***
GN/MRA