Cara Promosi di Instagram Story untuk Tingkatkan Bisnis
Senin, 23 Januari 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat popular di dunia. Di Indonesia, platform ini selalu mengalami kenaikan pengunjung dari tahun ke tahun. Selain memiliki pasar yang luas dan dapat menjangkau beragam audience, Instagram juga hadir dengan fitur-fitur menarik.
Salah satu jenis fitur yang sangat membantu dan dapat kamu manfaatkan sebagai media promosi bisnis adalah Instagram Story. Instagram Story atau IGS adalah fitur yang lebih sering digunakan oleh pengguna untuk berbagi cerita dan kegiatannya sehari-hari. Dibanding feed Instagram, seorang pengguna Instagram akan lebih aktif menggunakan IGS setiap harinya. Meski hanya bertahan selama 24 jam saja, konten promosi lewat fitur ini bisa memberikan dampak yang cukup signifikan untuk bisnismu.
Dilansir dari Business Insider, tercatat lebih dari 200 juta orang telah menggunakan Instagram Story tiap harianya. Jumlah ini pun diperkirakan akan terus mengalami peningkatan, karena pengguna Instagram pun juga semakin bertambah. Melihat hal ini tentu harus dimanfaatkan sebagai cara promosi di Instagram Story, ada beberapa strategi yang bisa kamu lakukan sebagai berikut:
- Membuat perencanaan konten yang kreatif
Membuat konsep konten yang kreatif dengan menentukan tujuan promosi, menyesuaikan tema dan jenis konten dengan target audience sangat bisa menarik perhatian para calon konsumen. Mulailah untuk mengemasnya semenarik mungkin dengan memanfaatkan ruang Instagram story dengan baik, seperti membuat copy yang jelas, singkat, namun mudah dipahami oleh audience. Konten sebaiknya sudah direncanakan sejak awal agar dapat berjalan dengan baik dan efektif.
- Menggunakan iklan instagram story
Iklan Instagram Story adalah jenis iklan Instagram yang memungkinkan tampilan yang full screen 9:16 pada platform dan memudahkan jangkauan Instagram Story semakin luas. Jika kamu mungkin belum pernah menggunakannya, kamu bisa meminta bantuan kepada jasa Iklan Instagram.
- Memakai tagar yang tepat dan relevan
Memakai tagar yang relevan dan tepat seperti penggunaan tagar (hashtag) ini juga penting ketika kamu akan membuat konten Instastory, lho. Hastag ini akan membantu membuat visibilitas konten promosimu lebih baik. Sistem pencarian di Instagram selalu diintegralkan dengan kata kunci yang digunakan dalam tagar.
- Menggunakan fitur stiker
Cara promosi di Instagram Story juga bisa menggunakan stiker. Ada berbagai pilihan stiker yang bisa mendukung promosi kamu, seperti stiker “Dukung Bisnis Kecil” atau juga “Lokasi”, “Link”. Menggunakan fitur stiker bisa menguntungkan untuk bisnis kamu. Hal ini akan sangat menguntungkan dari berbagai sisi, misalnya akun bisnis akan lebih banyak menerima kunjungan saat di-mention oleh pengguna.
- Menyimpan Instagram Story pada Highlight
Cara Promosi di Instagram Story lainnya yang bisa kamu terapkan adalah menyimpan Instagram Story di Highlight, terutama Insta Story yang memang memang berisikan informasi seputar bisnis, seperti cara pemesanan, ukuran, varian rasa, promo, lokasi, dan lainnya.
***
GN/LMP