Pengertian dan Keuntungan Word of Mouth Marketing
Jumat, 13 Januari 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Word of Mouth merupakan salah satu strategi yang populer digunakan oleh marketer. Beberapa dari Anda pasti pernah mendengarnya. Sesuai dengan namanya, Word of Mouth Marketing adalah suatu proses pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut.
Tertarik untuk mengetahui strategi pemasaran yang satu ini? Mari simak artikel yang telah dikemas LinkuMKM berikut ini!
Pengertian Word of Mouth Marketing
Word of Mouth adalah tindakan sederhana untuk berbagi informasi dengan orang yang telah dikenal. Biasanya, hal satu ini dijadikan strategi pemasaran dengan cara merekomendasikan suatu produk kepada orang-orang di kelompoknya.
Sederhananya, saat seorang konsumen sangat menyukai suatu produk, mereka akan selalu membicarakan tentang produk tersebut setiap hari. Tentunya, secara tidak langsung konsumen tersebut akan terus memberikan pujian pada produk yang digunakannya. Bahkan, ia juga akan merekomendasikan orang terdekatnya untuk ikut menggunakan produk tersebut.
Pada dasarnya, word of mouth adalah strategi pemasaran gratis bagi suatu brand yang dilakukan oleh pelanggan setianya. Selain itu, word of mouth marketing juga dapat didorong oleh beberapa faktor. Misalnya, saat perusahaan melakukan publisitas di beberapa media.
Keuntungan Menggunakan Strategi Word of Mouth Marketing
berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Nielsen, diketahui sebanyak 92% orang akan lebih percaya rekomendasi dari teman dan keluarga. Jadi, jenis pemasaran ini terbukti sangat menguntungkan. Selain itu, masih ada keuntungan lain dari melakukan Word of Mouth Marketing, yaitu:
1. Meningkatkan kepercayaan
Keuntungan pertama dari melakukan word of mouth adalah menciptakan kepercayaan di antara produk dan konsumen. Word of mouth akan terjadi saat ada seorang pelanggan yang merasa sangat puas dalam menggunakan suatu produk. Jadi, dengan meningkatkan kepuasan yang diterima oleh pelanggan, ia akan semakin percaya dengan brand tersebut. Bahkan, hal itu membuat mereka berani merekomendasikannya kepada orang lain hingga akhirnya lebih banyak orang yang ikut percaya dengan produk tersebut.
2. Membangun brand
Bagi sebuah bisnis yang masih baru dirintis, memang sangat perlu untuk membangun brand yang bisa dengan mudah dikenal. Selain melakukan upaya branding lewat media sosial atau platform lainnya, rupanya strategi word of mouth juga bisa dijadikan alternatif pilihan, lho.
Menurut Chron, menggunakan word of mouth marketing akan membantu brand menjadi terlihat lebih kredibel. Setelah banyak orang yang percaya dengan produknya, tentu saja brand juga akan semakin dikenal.
Namun, jangan lupa untuk terus melakukan upaya branding lainnya. Misalnya, dengan membuat brand identity yang bisa membuat brand lebih mudah dikenal lewat nilai yang dimilikinya.
3. Tidak membutuhkan banyak biaya
Keuntungan lain dari word of mouth adalah biayanya yang sangat terjangkau. Perusahaan tidak perlu terus mengeluarkan banyak biaya untuk pemasaran.
Seperti yang disebutkan di atas, strategi pemasaran ini cukup terjangkau karena hanya memanfaatkan pengalaman yang didapatkan oleh pelanggan. Namun, supaya strategi marketing ini bisa berjalan secara efektif tentu saja perusahaan masih perlu melakukan beberapa upaya lainnya.
Menurut Shopify, salah satu upaya yang perlu dilakukan oleh perusahaan adalah dengan selalu menghargai pelanggan. Hal itu bisa dilakukan dengan memberikan hadiah berupa produk atau pelayanan gratis untuk mereka yang selalu loyal.
***
GN/BS