Stop Jangan Sampai Salah Menentukan Warna Kemasan Produk
Sabtu, 21 Januari 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Saat berbelanja di supermarket Sobat LinkUMKM pasti melihat banyak rak yang dipajang berbagai produk dalam beragam warna. Produk yang dipajang di rak akan menarik perhatian konsumen yang ingin membeli. Jangan salah, kemasan pada produk yang mencolok serta berbeda dari yang lain akan menjadi fokus utama konsumen saat melihat-lihat produk pada rak pajangan.
Sobat LinkUMKM tahu tidak ternyata warna kemasan produk itu memiliki arti tersendiri. Ketika kita memilih warna kemasan produk Sobat LinkUMKM harus juga memperhatikan target pasar, produk yang dijual dan lainnya. Setiap warna memiliki dampak psikologis buat konsumen yang melihatnya.
Melansir dari supernovadigipack.com, berikut adalah beberapa warna umum yang bisa digunakan di kemasan, termasuk dampaknya untuk konsumen saat melihatnya:
- Merah
Umumnya, warna merah bisa berdampak pada psikologis untuk mempercepat metabolisme pada tubuh, sehingga mudah memunculkan rasa lapar. Kalau sadar, hampir semua merk makanan cepat saji punya warna branding yang mendominasi merah seperti, Mcd, KFC, Wendy’s dan lainnya.
Mereka berharap orang-orang akan mudah merasa lapar, ketika melihat warna dari branding yang dominan dibangunan storenya itu sendiri. Selain itu, merah juga bisa memicu detak jantung dan adrenalin. Makanya, banyak juga produk-produk yang berkaitan dengan kegiatan ekstrim menggunakan warna merah di logo dan kemasan produknya.
- Biru
Biru identik dengan air, berkebalikan dengan warna merah, warna biru mempunyai dampak yang menenangkan. Warna biru yang dominan bisa meningkatkan rasa percaya konsumen, karena warna biru mempresentasikan rasa tanggung jawab. Biasanya terkait bisnis jasa. Biru juga melambangkan maskulinitas sehingga cocok mengincar konsumen pria.
- Hijau
Melambangkan alam (nature) dan kesehatan (wellness). Oleh karena itu, warna hijau cocok digunakan produk makanan sehat dan juga jasa seputar kesehatan. Untuk yang memiliki bisnis makanan organik, warna hijau cocok jadi branding di dalam logo maupun jadi warna dominan kemasan.
- Hitam
Memiliki warna yang terkesan maskulin. Pemilihan warna hitam di kemasan, menandakan bahwa produk tersebut memang secara khusus di peruntukan untuk laki-laki atau perempuan yang tidak feminim. Warna hitam juga melambangkan kekuatan yang banyak produknya terkait dengan pria sebagai warna dominan kemasan.
- Putih
Kesan bersih dan murni. warna ini sering diasosiasikan dengan sesuatu yang hampir sempurna dan jadi simbol kebersihan. Makanya, produk kecantikan terutama yang mengklaim bisa memutihkan/membersihkan menggunakan warna putih yang dominan untuk branding pada kemasan.
Nah, Sobat LinkUMKM jadi ketika ingin memilih warna kemasan jangan sembarang memilih ya karena pada setiap warna memiliki arti dan makna tertentu. Kemasan produk harus menyesuaikan dengan kegunaan ataupun target pemasaran produk yang telah ditentukan. Yuk konsultasikan kemasan Kamu sekarang di Klinik UMKM.
***
GN/PTH