Pengenalan Model Bisnis Digital di Era Industri 4 0
Senin, 2 Januari 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Istilah digitalisasi menurut Brennan dan Kries adalah komunikasi digital dan dampak media digital pada kehidupan sosial kontemporer. Dalam artian ini, digitalisasi dapat mempengaruhi perkembangan dan pola kehidupan sosial masyarakat. Seperti halnya dewasa ini, segala kegiatan dapat dilakukan dengan model digital. Contohnya kita bisa mendapatkan sebuah informasi melalui media digital.
Tidak hanya berdampak pada kehidupan sosial saja, namun saat ini digitalisasi juga menyebar luas pada kegiatan bisnis. Bisnis digital saat ini menjadi peluang bagi sebuah perusahaan. Terutama pada era industri revolusi 4.0 yang merupakan upaya transformasi semula bisnis di jalankan dengan cara konvensional beralih ke cara online. Dua kata menggambarkan perkembangan bisnis di era digital yaitu cepat dan akurat. Dengan digitalisasi, berbagai area dapat terhubung dengan jutaan orang melalui web. Manfaatnya adalah efisiensi bisnis dan organisasi serta pengelolaan aset yang lebih baik.
Teknologi memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi digital secara gratis dan cepat. Selain itu, perkembangan teknologi ini dapat membentuk masyarakat baru yaitu masyarakat era digital. Bisnis digital sendiri dapat didefinisikan sebagai jenis usaha/bisnis yang berbasis online dan menggunakan media teknologi sebagai alat penggerak utamanya. Di era generasi milenial saat ini cocok sekali bagi para pemula untuk menjalankan bisnis dengan menggunakan metode digital. Karena metode ini mudah digunakan dan hanya memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang pesat pada saat ini.
Bahkan berbisnis dengan metode digital ini dapat dilakukan oleh kalangan pelajar maupun mahasiswa karena modal yang digunakan tidak terlalu besar dan bisa memanfaatkan gatget sebagai media utama. Dengan adanya bisnis digital, para pelaku bisnis baik itu pemula ataupun yang sudah berkecimpung di dunia bisnis sejak lama, mereka dapat memasarkan produknya dengan mudah sehingga dapat di kenal oleh kalangan masyarakat luas. Selain itu, kemungkinan besar produk yang terjual akan semakin bertambah banyak.
Dilansir dari kompasiana.com dalam menjalankan bisnis digital perlu adanya ide kreatif dan inovatif agar mereka dapat bersaing dengan perusahaan lain. Bisnis kreatif ini merupakan kemampuan mengembangkan ide-ide baru dan menemukan cara-cara baru dalam melihat peluang bisnis. Sedangkan Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang yang ada. Jadi kreatif merupakan sifat mencari cara-cara baru dan inovatif adalah sifat yang menerapkan solusi kreatif.
Seorang pengusaha muda sangat berpeluang untuk meraih kesempatan bisnis dalam revolusi industri 4.0, terutama pada sektor-sektor berbasis teknologi digital. Pengusaha muda yang memiliki talenta, kreatif, dan inovatif akan diuntungkan oleh gelombang revolusi industri 4.0 ini. Setidaknya ada 4 faktor yang mempengaruhi tumbuhnya pelaku-pelaku baru bisnis kreatif yaitu, tersedianya teknologi yang sangat tinggi, proses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan sangat mudah, proses penghubung antara supplier dan produsen sangat cepat di pertemukan, dan kemudahan melakukan pemasaran (digital marketing) yang dapat dilakikan dengan menggunakan media sosial.
Pengaruh bisnis dengan model digital ini perusahaan dapat menghemat biaya operasional seperti dengan membangun toko online. Bahkan dengan membangun toko online, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar dan hanya memanfaatkan gadget maupun laptop.
Strategi yang dapat dilakukan dalam bisnis digital era revolusi industri 4.0 yaitu
- Meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Menurut penelitian yang dilakukan oleh McKinsey Global Institute, 15 persen dari seluruh pekerja di seluruh dunia akan digantikan oleh sistem otomasi dan robot pada tahun 2030.
- Menerapkan strategi digital marketing. Pentingnya mengubah pola pikir dengan menerapkan strategi digital marketing karena sebuah perusahaan dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, lebih personal, dan relevan.
Peluang yang muncul dalam bisnis era revolusi industri 4.0 salah satunya adalah industri fintech atau financial technology. Fintech ini memudahkan konsumen dalam transaksi pembayaran. Kehadiran fintech menjadi solusi bagi masyarakat terutama generasi milenial yang tidak mau repot dengan urusan keuangan.
Dampak dari revolusi industri 4.0 pada bisnis diantaranya yaitu pebisnis dapat berkolaborasi dan berbagi data pasar untuk meningkatkan produktifitas dan daya saing, produsen dapat memproduksi barang dengan cepat sehingga dapat mempengaruhi pendapatan dan keuntungan, dengan berkembangnya teknologi yang cangih dapat memberikan keuntungan seperti artifical intelligence yang membantu industri menjadi smart factory.
Tips dan trik untuk membangun bisnis era digital yang perlu dilakukan yaitu
- Edukasi digital dengan mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang dunia digital terutama dalam bisnis.
- Pemasaran digital dengan memanfaatkan jaringan yang luas di media sosial. Dalam pemasaran digital perlu adanya riset untuk memilih konten-konten yang sedang diminati saat ini.
- Perlunya membuat konten semenarik mungkin.
- Pentingnya kolaborasi dengan perusahaan lain sehingga dapat menambah relasi dan produk yang ditawarkan dalm bisnismu dapat terjual.
- Perlunya membangun interaksi di media.
***
GN/MRA