Komunikasi Bisnis Semakin Maju Melalui Fitur Instagram
Senin, 2 Januari 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Di era digital yang semakin maju ini. Banyak orang memilih untuk berjualan melalui sosial media, salah satu contohnya menggunakan aplikasi Instagram.
Dilansir dari kompasiana.com Selain menjadi salah satu media sosial favorit banyak orang, berjualan di Instagram juga tidak memerlukan lapak jualan. Jadi Anda cukup perlu Laptop atau Smartphone dan tentu saja Internet sebagai modalnya.
Bahkan, Instagram juga saat ini sudah didukung dengan fitur Instagram Bisnis yang ditujukan untuk keperluan usaha.
Misalnya pada fitur Insight atau Wawasan, merupakan fitur mendukung Instagram For Business untuk mengenal Audiensnya. Sebab, melalui Insight Kita dapat mengetahui segala informasi mengenai Followers dan Postingan dengan engagement tertinggi. Insight juga mendorong agar perusahaan mengetahui perilaku serta demografi audiensnya.
Sehingga pemilik akun Instagram Bisnis dapat menghadirkan konten relevan dan publikasi saat momen yang tepat.
Kemudahan seperti itu yang membuat banyak orang beralih untuk berjualan di Instagram. Walaupun begitu, Anda juga perlu melakukan strategi agar produk yang dijual banyak dilihat orang dan tentu saja laris manis.
Karena itu lah, saat ini Tim Linkumkm ingin memberikan beberapa informasi fitur Instagram untuk jualan yang dapat anda manfaatkan untuk mendongkrak bisnis Anda. Apa saja kah itu?
1. Instagram Story
Pada Fitur instastory ini anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan. Instastory bahkan kini sudah menjadi salah satu media promosi yang sangat menarik. Karena setiap harinya, pasti ada saja orang yang melakukan Instastory.
2. Instagram Live (Siaran Langsung)
Jika sebelumnya mungkin Anda mungkin menawarkan produk secara langsung ke penjual yang menghampiri toko fisik, merekomendasikan produk baru, dan sebagainya, ini bisa Anda dilakukan di Instagram. Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur Instagram Live.
Di sini Anda dapat mengadakan event tertentu seperti promo produk baru, tutorial penggunan produk, dan lainnya. Lakukan beberapa interaksi dengan audiens dengan menyapa mereka dan jangan lupa berikan giveway untuk menarik perhatian mereka.
3. Filter Inbox
Instagram memiliki Filter Inbox yang berguna untuk menyaring semua pesan yang masuk. Dalam hal ini pengguna instagram bisnis dapat menentukan pesan yang harus ditinjau dan hanya perlu dilihat saja. Selain itu, Filter Inbox berguna untuk menyaring pesan yang belum dibaca. Yang bertujuan untuk menjaga keterlibatan dan hubungan perusahaan dengan pelanggan.
4. Tagar atau Hastag
Banyak dari pengguna Instagram yang menggunakan tagar atau hashtag ini untuk mencari produk yang mereka ingin beli.
Jadi, tagar bisa dibilang bermanfaat untuk menjaring konsumen. Anda bisa menggunakan tagar yang unik dan tentunya harus sesuai dengan bisnis anda agar dapat dengan mudah ditemukan oleh konsumen.
Hal diatas memberikan Kita ambaran mengenai pentingnya apabila kia memanfaatkan Media Online dan Internet dengan baik sebagai alat penunjang dalam mengembangkan bisnis lebih baik lagi.
***
GN/MRA