Akhir Tahun Tiba Siapkan Strategi Bisnis Ini
Jumat, 23 Desember 2022 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Tidak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2022. Momen akhir tahun ini adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh semua orang. Pada akhir tahun ini orang-orang menyambut dengan suka cita, ada yang merayakan bersama keluarga atau teman-teman, ada yang liburan, ada yang mengevaluasi resolusi 2022 dan membuat resolusi 2023 dan sebagainya. Nah bagi pebisnis juga jangan sampai ketinggalan memanfaatkan momen ini karena banyak sekali peluang yang dapat dimaksimalkan.
Pada akhir tahun ini pebisnis harus mempersiapkan berbagai strategi yang tepat dan efektif dalam menarik konsumen untuk membeli produk kita. Melansir dari kumparan.com Coba laukan beberapa penjualan di akhir tahun sekaligus menambah pelanggan di masa depan :
- Bundling
Bundling adalah teknik menjual beberapa produk dalam satu kemasan dengan satu harga. Strategi ini bisa sangat efektif meningkatkan volume penjualan. melalui bundle ini, konsumen akan membeli lebih banyak barang dengan mempertimbangkan harga yang murah. Pada strategi ini ada sebuah tips yaitu dengan menggabungkan produk terlaris (best-seller) dengan produk dengan margin tertinggi. Lalu, sebaiknya produk yang dipasangkan bersifat saling melengkapi agar konsumen lebih yakin membelinya.
- Clearance sale atau cuci gudang
Pada akhir tahun seperti ini saat yang tepat untuk menggantikan stok lama dengan produk-produk baru yang lebih relevan. Periksa gudang lalu cari produk yang dirasa harus dikeluarkan secara cepat. Kumpulkan produk-produk tersebut di satu tempat agar konsumen mengetahui penawaran cuci gudang tersebut.
- Hadiah
Hadiah bisa menjadi tanda apresiasi terhadap konsumen. Tidak perlu yang sulit, cukup berikan hadiah yang relevan dengan produk. Misalnya menjual produk pakaian, hadiah yang diberikan bisa baju yang seragam dengan produk. Jika produk bisnis makanan, bisa memberikan hadiah minuman atau camilan.
- Flash sale
Flash sale menjadi metode yang bisa diandalkan untuk meningkatkan penjualan dengan cepat. konsumen secara tidak sadar memiliki urgensi untuk segera membeli produk yang sedang ditawarkan di flash sale. Banyak konsumen yang berbelanja secara implusif. Beberapa tips yang bisa diterapkan, pertama, tawarkan produk terbaik, dengan begitu konsumen akan kembali membeli produk lainnya karena puas dengan produk yang dibeli pertama kali. Kemudian, promosikan flash sale ini beberapa hari sebelumnya di media massa untuk membangun minat konsumen. Terakhir pilih hari yang tepat untuk mengadakan/ berpartisipasi dalam flash sale.
Bagaimana Sobat LinkUMKM Brilian, beragam sekali bukan strategi akhir tahun yang bisa diterapkan pada bisnis. Jangan lewatkan kesempatan akhir tahun ini ya. Tetap semangat dan pantang menyerah.
***
GN/PTH