Manfaat Review dan Rating Google pada Bisnis Anda

Senin, 11 September 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Review dan Rating (Freepik/Pikisuperstar)

LINK UMKM -  

Persaingan pasar di zaman yang serba digital ini memang tidak ada matinya, bahkan persaingan pasar online yang semakin ketat ini, membuat para pemasar semakin giat mencari cara agar bisnis yang dikelolanya tetap berjalan meski padatnya persaingan pasar online. Selaku pebisnis, tentu Anda ingin bisnis yang dikelola tetap berjalan baik.

Sebagai salah satu layanan yang menjadi wadah bisnis para pelaku usaha, Google Maps memiliki peran yang sangat besar terhadap bisnis Anda untuk memperluas jangkauan dan strategi bisnis Anda. Selain itu, sebagai pelaku bisnis Anda juga dapat lebih mudah mengatakan orang yang ingin berkunjung ke lokasi bisnis Anda. Dengan peluang tersebut nantinya akan membuat transaksi menjadi lebih luas. Luasnya transaksi akan memberi peluang untuk bisnis Anda berada di posisi teratas dalam hasil pencarian. dan rating serta review positif dari pelanggan akan membuat bisnis Anda semakin berkembang dengan pesat.

Lalu, apa saja manfaat review dan rating google pada bisnis Anda? Mari simak artikel yang dilansir dari kompas.com berikut ini!

Manfaat Rating dan Review Google

Menjaga kualitas produk dan layanan dari sudut pandang merupakan hal paling penting untuk setiap bisnis yang Anda bangun, terlebih lagi di zaman yang serba digital seperti saat ini. Karena hal tersebut akan berhubungan secara langsung terhadap perkembangan bisnis kedepannya. Dari sederet faktor transaksi, salah satu faktor terbesar pengambilan keputusan ketika pelanggan hendak bertransaksi adalah melihat rating dan review dari produk ataupun toko yang hendak dibeli.

Berikut ini adalah manfaat yang dapat Anda peroleh dari rating dan review:

  • Membangun kepercayaan pelanggan

Ulasan positif dan rating yang tinggi untuk sebuah produk dari bisnis Anda dapat berpengaruh dalam membangun kepercayaan dan berpengaruh besar untuk meyakinkan calon customer dalam melakukan transaksi.

 

  • Sebagai bahan evaluasi

Respon yang diberikan oleh pelanggan untuk produk yang Anda jual tentu harus dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam pengembangan bisnis Anda kedepannya. Jika Anda dapatkan respon yang baik, maka wajib dipertahankan. Namun jika sebaliknya maka Anda harus memperbaiki dan mengembangkannya agar selalu baik kedepannya.

  • Menjadi posisi teratas pada hasil pencarian

Jika profil bisnis Anda memiliki review yang baik, maka calon pembeli Anda tidak akan berpikir lebih lama untuk melakukan pembelian, karena bisnis Anda suda dikenal memiliki review positif dari pelanggan yang melakukan pembelian sebelumnya.

  • Branding gratis

Dengan review dan rating yang positif, Anda tidak perlu susah payah dan tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk melakukan branding pada bisnis Anda. Kepercayaan dan kepuasan konsumen adalah suatu keuntungan bagi bisnis Anda, karena review positif yang diberikan akan membawa pelanggan baru untuk bisnis Anda.

***

GN/BS

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x