Ini Cara Memanfaatkan Business Messaging bagi Pelaku Usaha
Minggu, 10 September 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Di era digital saat ini, perkembangan teknologi berbanding lurus dengan berlangsungnya bisnis. Hal ini membuat para pelaku usaha mulai memanfaatkan teknologi dan memaksimalkan peluang untuk melakukan transisi ke metode business messaging sebagai cara untuk meningkatkan kualitas bisnis dan komunikasi dengan konsumen. Meta Indonesia menilai pada 2023, aktivitas bisnis online akan semakin erat dengan penggunaan layanan business messaging. Head of Industry Meta Indonesia, Aldo Rambie menyampaikan bahwa hal tersebut menandakan business messaging memiliki peran penting dalam bisnis barang atau jasa.
Studi oleh Kantar pada 2022 ini menunjukkan 7 dari 10 orang di Indonesia lebih suka menggunakan layanan business messaging agar terkoneksi dengan sebuah bisnis dibandingkan melalui telepon atau e-mail. Aldo mengungkapkan "Hal ini juga didorong dengan lebih banyaknya kelompok milenial dan Gen-Z yang terus menciptakan tren dan inovasi di ranah digital, termasuk menentukan bagaimana perjalanan belanja online dengan metode perpesanan," ungkap Aldo. Hal tersebut juga didorong banyaknya kelompok milenial dan Gen-Z dalam menciptakan tren dan inovasi di ranah digital. Dilansir dari kompas.com Terdapat cara Memanfaatkan "Business Messaging" bagi Pelaku Usaha yaitu:
- Beralih ke Akun Bisnis
Saat ini sudah ada beberapa platform komunikasi yang menyediakan fitur akun bisnis dengan segala keunggulan layanannya. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah dalam memasarkan produk serta mudah ditemukan oleh target pasar serta berkomunikasi dengan mereka. Seperti contoh yaitu WhatsApp yang memiliki tiga jenis layanan: Messenger untuk antar individu secara umum, Business untuk UMKM, dan Business Platform untuk perusahaan. Setiap layanan WhatsApp memiliki fitur-fitur sesuai kebutuhan, misalnya banyaknya perangkat yang bisa digunakan dalam satu akun, komunikasi manual, integrasi dengan bot, dan tanda verifikasi akun.
- Kenali dan Sasaran Target Pasar yang Tepat
Menentukan kelompok target pasar yang ingin disasar, dengan begitu kamu akan lebih mudah menyusun strategi pemasaran.
- Menggunakan Fitur dan Ikuti Tren secara Optimal
Saat ini, perkembangan teknologi yang semakin pesat ikut mewarnai kemajuan sebuah platform, termasuk platform komunikasi. Ada banyak layanan yang tersedia bagi para akun bisnis sehingga kamu perlu memanfaatkannya sebaik mungkin. Explore dan pelajari tren yang sedang berkembang, terutama di tengah kelompok target pasar kamu sebagai referensi untuk membuat konten, isi pesan, dan cara kamu memasarkan produk.
- Mengetahui Kebutuhan Bisnis
Dalam berbisnis pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda saat menggunakan business messaging sebagai media untuk promosi, peningkatan engagement, dan/atau penjualan kepada konsumen. Dengan mengetahui kebutuhan bisnis, pembuatan sistem business messaging untuk sebuah bisnis bisa terpersonalisasi dengan baik dan diharapkan bisa mempermudah rutinitas ke depannya.
***
GN/LMP