Yuk Simak Skill Apa Saja yang Diperlukan oleh Seorang Auditor!
Sabtu, 16 September 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Semua orang pasti mempunyai impian yang mereka ingin capai dalam hidupnya. Banyak cita-cita yang sejak masih kecil selalu terngiang-ngiang untuk kita capai saat dewasa nanti, dari mulai ingin menjadi dokter, arsitek, polisi, pengusaha, dan masih banyak lagi. Namun, ketika sudah beranjak dewasa banyak dari kita malah memiliki profesi yang melenceng dari apa yang diimpikan dahulu. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi, bisa karena faktor lingkungan yang pada akhirnya menyebabkan minat kita pun menjadi berubah-ubah. Salah satu profesi yang sepertinya tidak disangka-sangka adalah menjadi seorang Auditor.
Apa dari kalian ada yang ingin menjadi seorang auditor ketika mulai memasuki pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi? Kalau anda ingin menjadi seorang auditor, kenlai dulu nih apa saja hal-hal yang sebaiknya dilakukan untuk menjadi seorang auditor yang andal dan baik dalam bidangnya. Yuk kita simak!
Dilansir dari kompasiana.com Auditing sendiri merupakan tindakan memeriksa catatan keuangan dan laporan akuntansi suatu perusahaan seperti laporan pengeluaran dan laporan keuangan. Adapun orang yang melakukan auditing ini disebut sebagai seorang auditor.
Jika saat ini kamu sedang menempuh pendidikan di bidang akuntansi, sebaiknya kamu pahami betul setiap mata kuliah yang ada. Karena kelak itu akan sangat membantumu untuk bisa terjun langsung di pekerjaan yang sebenarnya sebagai Auditor. Selain itu, ada beberapa skill yang juga harus kamu kuasai jika ingin menjadi seorang Auditor yang andal, diantaranya :
1. Komunikasi
Keterampilan komunikasi dapat membantu auditor menyampaikan pengetahuan industri mereka kepada para pemimpin bisnis dan pemegang saham. Auditor berkomunikasi dengan pakar keuangan dan karyawan lain yang tidak memiliki pengetahuan keuangan, sehingga kemampuan untuk menjelaskan topik yang kompleks merupakan kekuatan bagi auditor.
Auditor juga berkomunikasi melalui laporan, sehingga keterampilan komunikasi tertulis juga menjadi keerampilan yang sangat penting untuk dimiliki.
2. Berfikir Kritis
Berpikir kritis adalah menggunakan penalaran logis untuk menemukan solusi. Auditor harus berpikir kritis saat mereka meninjau catatan perusahaan untuk memberikan saran terbaik kepada manajemen. Mampu memahami hasil audit adalah suatu kekuatan, tetapi mampu memberikan hasil yang dapat ditindaklanjuti oleh bisnis jauh lebih baik.
Solusi yang dapat ditindaklanjuti ini dapat membantu bisnis meningkatkan aturan dan praktik mereka, yang dapat membuat audit lebih cepat dan tidak menimbulkan permasalahan di masa mendatang.
3. Inisiatif
Anda dapat menunjukkan inisiatif Anda dalam karir audit Anda dengan terus belajar dan tumbuh melalui pengembangan profesional.
Anda dapat mengikuti kursus pelatihan, mendapatkan sertifikat tambahan, dan membaca publikasi perdagangan agar Anda tetap mendapat informasi tentang perubahan peraturan serta hukum yang mungkin memengaruhi pekerjaan Anda.
4. Empati
Audit dapat menjadi pengalaman yang menegangkan bagi manajer bisnis dan karyawan lainnya. Auditor dapat membantu meyakinkan manajer dengan mengembangkan keterampilan empati.
5. Keterampilan Analitis
Keterampilan analitis dapat membantu Anda membentuk kesimpulan yang lebih kuat saat mengaudit proses perusahaan. Keterampilan ini dapat membantu Anda menunjukkan keahlian Anda kepada bisnis.
6. Ketajaman Bisnis
Pengetahuan industri dapat membantu Anda bekerja lebih baik sebagai auditor, karena dapat memberi Anda wawasan tentang masalah umum dan solusi potensialnya. Beberapa ketajaman bisnis datang dengan pengalaman sebagai auditor, sementara ketajaman lain datang dari tetap up-to-date tentang tren industri.
Itulah beberapa hal yang harus anda kuasai agar karir anda sebagai seorang Auditor nantinya berjalan dengan baik.
***
GN/MRA