Sales Promotion: Bagian Penting dari Marketing
Selasa, 19 September 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Sales promotion merupakan bagian penting dari kegiatan marketing selain penjualan, pengiklanan, dan publikasi yang dilakukan untuk meningkatkan order dari pelanggan dan efektivitas usaha. Tujuan dari sales promotion addalah untuk menigkatkan proses penjualan serta meningkatkan volume penjualan produk, hal ini diharapkan mampu terjadi ketika sales promotian dapat dikombinasikan secara baik dengan aktifitas marketing lainnya seperti pengiklanan. Namun, perlu dicatat bahwa sales promotion bukanlah solusi dari rendahnya sales karena faktor seperti buruknya image brand, kualitas produk yang kurang, ataupun rendahnya kualitas marketing.
Terdapat dua model sales promotion, yakni consumer-oriented sales promotion dan trade-oriented sales promotion. Consumer-oriented sales promotion mempunya misi untuk mendorong pelanggan untuk melakukan transaksi berulang, meningkatkan penjualan produk-produk pelengkap, dan meningkatkan penjualan instan. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, ada beberapa cara yang dapat digunakan yakni yang pertama ada kupon yang sangat umum digunakan sebagai bentuk promosi. Selanjutnya ada refund atau rabat yang membantu pelanggan sekaligus meningkatkan profil perusahaan sebagai perusahaan yang peduli terhadap after sell service.
Berikutnya bisa juga dilakukan upaya berupa memberikan free sample, bonus package dan promo premium yang seolah mengajak pelanggan unuk mencoba produk kita. Upaya erikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan kontes yang melibatkan pelanggan untuk terlibat secara aktif menyelesaikan tugas atau aktivitas seperti quiz atau menyelesaikan puzzel. Salah satu hal yang perlu diperhatikan juga adalah untuk menentukan pemenang secara adil dengan standar penilaian yang sama rata, artinya tidak memilih pemenang berdasrkan besaran transaksi atau faktor lainnya.
Selain hal-hal tadi dapat juga diadakan program loyalitas pelanggan dengan memberikan reward menarik bagi custommer loyal yang telah melakukan banyak transaksi. Selanjutnya model sales promotion yang juga diterapkan adalah trade-oriented promotion. Sales promotion ini lebih menargetkan pelaku-pelaku usaha perantara yang menjembatani transaksi-transaksi dengan pelanggan. Beberapa upaya yang dapat dilakukan berkenaan dengan model trade-oriented promotion adalah yang pertama trade allowance, yakni pemotongan harga yang ditawarkan oleh perusahaan manufaktur terhadap retailer. Yang kedua ada push money, yakni modal yang ditawarkan ke channel-channel penjualan untuk mendorong agar produk yang dijual dapat lebih jauh “terdorong” ke pembeli. Contohnya seperti perusahaan Nike yang memberikan insentif kepada karyawan marketingnya jika kuota penjualan mencapai atau melebihi target.
Keuntungan dari trade-oriented promotion adalah mampu membantu manufaktur menjaring lebih banyak distributo baru. Keuntungan selanjutnya adalah memperoleh support dari retailer dan channel-channel marketing lain dalam melakukan promosi penjualan. Selanjutnya keuntungan dari trade-oriented promotion adalah membangun atau juga mengurangi persediaan gudang. Keuntungan terakhir adalah meningkatkan hubungan bisnis dengan berbagai pihak yang terlibat dalam skema bisnis yang dijalankan.
***
GH/EBE