Tips Marketing di Platform Facebook
Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Facebook menyediakan kesempatan yang sangat besar bagi para pelaku usaha untuk mempromosikan produknya dan terhubung dengan para pelanggannya. Secara umum pengguna Facebook sangatlah besar, hal ini membuat potensi suatu produk dilihat oleh orang banyak menjadi hal yang tidak boleh disia-siakan oleh para pelaku usaha. Setiap detiknya ada banyak orang yang membuka dan mnegcek udpatan terbaru pada lama Facebooknya dan hal ini tentu saja merupakan kesempat8an emas bagi para pelaku usaha dalam mempromosikan produk usahanya. Berikut adalah beberapa tips marketing di platform Facebook yang sangat direkomendasikan bagi para pelaku usaha.
- Cover Image
Foto Cover yang biasa ditemukan pada laman profil Facebook menjadi salah satu hal yang dinilai memberikan impresi kepada pra pengunjung profil facebook usaha. Ada bayak ide foto cover profil Facebook yang dapat digunakan, tetapi tentu saja foto yang dipilih harus sesuai dengan usaha yang dijalankan. Dimensi foto cover profil Facebook adalah 851x351 sehingga diusahakan foto yang digunakan nantinya harus memiliki dimensi yang pas dengan proporsi yang sesuai.
- Foto Produk
Konten yang paling sering dibagikan pada platform Facebook adalah jenis konten berupa foto. Facebook memang menjadi salah satu platform media sosial yang digunakan oleh banyak orang untuk membagikan momen-momen spesial dalam bentuk foto dan video. Oleh karena itu sebisa mungkin foto produk yang dipost pada akun usaha haruslah foto yang terbaik sehingga mampu menarik perhatian orang-orang yang kebetulan melihatnya di beranda masing-masing. Lebih jauh lagi Facebook juga dapat digunakan sebagai semacam katalog produk dengan potingan foto etiap produk yang dijual.
- Promosi dan Diskon
Postingan berupa penawaran ekslusif atau diskon memiliki daya tarik sendiri bagi banyak orang, semakin menarik penawaran atau diskon yang diberikan maka semakin tinggi juga minat orang banyak melihat produk bahkan membeli produk yang dijual. Kode referal juga mngkin bisa menjadi trobosan dalam mempromosikan usaha kita, tawarkan berbagai promo unik dan menarik melalui Facebook untuk memngangun pasar dari usaha yang dijalankan.
- Konten dan Interaksi
Konten sudah pasti memgang peranan penting dalam membangun brand usaha yang dijalankan. Konten dapat dirancang untuk berbagai tujuan sesuai dengan target yang ingin dicapai. Jiwa dari Facebook adalah berbagai konten yang seiap detiknya terunggah oleh milaran penggunanya, entah itu status, video ataupun foto. Konten yang menarik akan membawa pelanggan dengan sendirinya sehingga penting untu membuat konten semarik mungkin.
- Taget promosi Facebook Ads
Salah satu fitur yang sangat membantu para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya di platform Facebokk adalah fitur Facebook Ads. Promosi dalam bentuk iklan dengan menyasar target pasar tertentu yang telah diatur menjadi salah satu senjata ampuh dalam menjalankan usaha, dan semua itu dapat dilakukan dengan menggunakan Facebbok Ads. Tentukan target pasar dan jangkau merak dengan memanfaatkna fitur Facebook Ads yang kini semakin mudah diakses dan dikelola.
***
GN/EBE