Sukses Berbisnis Lewat Via Tiktok, InI Strateginya

Selasa, 26 September 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Bisnis via Tiktok (freepik/tirachards)

LINK UMKM -  TikTok adalah platform sharing video singkat yang sebelumnya mempunyai nama Musical.ly. Platform media sosial ini ramai digunakan untuk upload konten kreatif yang menghibur seperti mengikuti challenge yang sedang viral, menari, bernyanyi, lipsync lagu, akting, tutorial makeup, dan banyak kreasi lainnya.

Dilansir dari Kumparan Rata-rata pengguna TikTok menggunakan aplikasi ini selama 52 menit per hari. Kini, aplikasi dengan 800 juta pengguna aktif ini menjadi salah satu sumber video dan meme viral terbesar di internet.

Ya, tingginya minat dan cepatnya persebaran konten dari TikTok ke seluruh platform media sosial ini menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia marketing online.

Apakah bisnis online Anda termasuk yang cocok untuk tingkatkan penjualan di TikTok? Yuk, simak strateginya berikut ini!

Sebelum memutuskan untuk membuat akun bisnis TikTok, cari tahu terlebih dahulu tentang media aplikasi TikTok itu sendiri. Meski pengguna aktif TikTok sudah ratusan juta di seluruh dunia dan punya jaminan meningkatkan brand awareness, Anda perlu tahu karakteristik dan perilaku penggunanya.

Berikut Tim Linkukm sudah meringkas, Strategi untuk meningkatkan penjualan bisnis online lewat tiktok, antara lain;

1. Gunakan hashtag yang sesuai

Ini dia cara pertama untuk meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok. Konten video TikTok bergantung pada hashtag untuk katalog dan pencarian sesuai judul. Melalui menu Discover, video akan diurutkan sesuai dengan hashtag yang trending. Penggunaan hashtag ini akan membantu Anda meluaskan penyebaran konten pemasaran bisnis.

2. Ikuti tren di Tiktok dan buat konten seru

Selalu pantau tren apa yang sedang ramai dicoba oleh pengguna. Namun, seperti tren internet lainnya, tren hashtag TikTok juga berubah dengan cepat. Maka dari itu, Anda harus tetap update dengan semua perubahannya. Jadikan setiap konten yang ada sebagai inspirasi untuk membuat sesuatu yang kreatif dan relevan dengan tren. Adaptasikan ciri khas bisnis online Anda dalam setiap kontennya, jangan hanya meniru.

3. Kolaborasi dengan influencer Tiktok

Bangun hubungan baik dengan influencer yang punya audience sesuai target market Anda menjadi cara lain untuk meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok. Namun jangan lupa untuk terus bangun reputasi dengan konten berkualitas. Ajak influencer untuk share dan buat review produk atau jasa usaha Anda.

4. Sering posting video

Selain sering berinteraksi dengan followers, Anda juga bisa meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok Anda dengan sering membuat posting. TikTok memberi penghargaan bagi akun yang sering buat konten di akunnya. Semakin banyak posting dengan beragam topik dan hashtag, semakin luas juga persebaran konten Anda.

5. Buat video menarik dengan description yang jelas

Seperti Instagram, TikTok mempunyai batas durasi video maksimal 1 menit. Durasi terbatas ini perlu Anda manfaatkan dengan baik, jangan hanya buat posting video iklan saja. Sampaikan nilai-nilai tertentu dalam tiap konten supaya menarik dan diminati target pemasaran Anda.

6. Pasang iklan

Ini dia strategi lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok. TikTok juga mempunyai sistem periklanan formal. Jadi, Anda bisa memasang iklan dengan mudah.

***

GN/MRA

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x